Di Forum Internasional, Jokowi Bicara Nasib Masyarakat Indonesia

Di Forum Internasional, Jokowi Bicara Nasib Masyarakat Indonesia
Presiden Jokowi belum kirim surpres untuk penunjukkan calon Panglima TNI . Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa jutaan masyarakat Indonesia nasibnya bergantung dari sektor kehutanan.

Di sisi lain, Jokowi menyampaikan Indonesia tergolong negara yang berhasil mengelola iklim karena konteks pembangunan berkelanjutan.

"Kebijakan pengelolaan hutan berkelanjutan harus memadukan pertimbangan lingkungan dengan ekonomi dan sosial. Kemitraan dengan masyarakat juga diutamakan," ujar presiden dalam pidatonya di World Leaders Summit on Forest and Land Use yang digelar di Scotish Event Campus, Glasgow, Skotlandia, Selasa (2/11).

Di hadapan para pemimpin dunia, Presiden Jokowi menjelaskan program perhutanan sosial dibuat agar konservasi hutan disertai terciptanya penghidupan bagi masyarakat sekitar.

Hal itu penting, karena 34 persen dari seluruh desa di Indonesia berada di perbatasan atau di dalam kawasan hutan.

"Jutaan masyarakat Indonesia menggantungkan hidupnya dari sektor kehutanan. Menafikan hal itu bukan saja tidak realistis, tetapi juga tidak akan sustainable," tegasnya.

Presiden Jokowi menyebut 90 persen penduduk dunia yang hidup dalam kemiskinan ekstrem bergantung pada hutan.

Penyalahgunaan isu perubahan iklim sebagai hambatan perdagangan adalah kesalahan besar.

Presiden Jokowi menyatakan jutaan masyarakat Indonesia nasibnya bergantung dari sektor kehutanan. Pembangunan pun harus mengikuti aspek sosial dan ekonomi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News