Di Palembang, Penumpang AirAsia juga Ngamuk

Di Palembang, Penumpang AirAsia juga Ngamuk
Pesawat AirAsia. Foto: Int

jpnn.com - PALEMBANG – Penerbangan pesawat Air Asia QZ 8041 tujuan Palembang- Medan dengan jadwal Selasa (6/1) pukul 09.30 WIB, dibatalkan.

Akibatnya, 113 penumpang yang berada di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II kecewa. Terlebih, pihak Air Asia tidak memberikan konfirmasi sebelumnya.
    
Pantauan Sumeks (Grup JPNN),  puluhan menumpang mendatangi loket tiket Air Asia untuk meminta pertanggung jawaban atas pembatalan rute perjalanan Palembang- Medan. Tidak sedikit penumpang menunjukkan kekesalan kepada petugas di loket tersebut.
    
Seperti yang diungkapkan seorang penumpang, Hamunangan Tambunan. Pria yang berprofesi sebagai guru itu mengaku sangat kecewa atas tindakan pihak airlines yang tidak menginformasikan pembatalan keberangkatan sebelum dirinya ke Bandara.
    
“ Saya dari desa pedalaman Sukajaya ke bandara ini sengaja nyarter mobil dengan biaya satu juta. Sampai di sini, pesawat tidak jadi terbang,” ungkapnya.
    
Kerugian juga dialami seorang penumpang Maryani yang harus kehilangan dua tiket sekaligus. Diakuinya, jadwal keberangkatan Palembang – Medan dan Banda Aceh hangus lantaran rute dari Palembang batal.  

“ Saya beli tiket dua perjalanan sekaligus. Dari Palembang ke Medan, nanti sorenya saya berangkat ke Aceh. Gara-gara hal ini, saya harus kehilangan dua tiket,” ungkapnya.
    
Hal yang sama juga dialami Hj Hafni, wanita asal Medan ini tidak terima tindakan pihak Air Asia yang dianggap lepas tangan dan tidak ada koordinasi sebelumnya. “ Kami sampai di bandara baru ada pemberitahuan penerbangan batal. Hal ini sangat merugikan saya jika kemarin tidak jadi berangkat,” keluhnya.
    
Diakui Dedy Admaja, Customer Experience Air Asia, pihaknya mendapatkan informasi pembatalan dari pusat, Senin (5/12) sekitar pukul 22.00 WIB. Dari pihak Air Asia memberikan dua opsi berupa penundaan penerbangan yang dilakukan Kamis dan Sabtu mendatang atau pengembalian uang tiket.

Namun, tidak semua penumpang memilih opsi yang diberikan. Beberapa penumpang memaksa untuk diberangkatkan kemarin. Karenanya, pihak Air Asia mengalihkan penerbangan 22 penumpang dengan maskapai Garuda Indonesia GA 107 ke Jakarta pukul 10.40 WIB .

“Sampai di Jakarta, penumpang akan menaiki peswat tujuan medan,” ungkapnya. Sisanya dialihkan penerbangan Kamis atau Sabtu.
    
Saat ditanya mengenai alasan pembatalan, Dedy mengaku belum tahu alasan jelas karena yang memiliki wewenang konfimrasi yakni petugas pusat di Jakarta. Dia menegaskan, untuk penerbangan Air Asia di hari Selasa, Rabu dan Sabtu untuk saat ini dibatalkan.

Penerbangan hanya berlaku di jadwal Senin, Kamis, Jumat dan Minggu. “ Jadi, penumpang hari ini akan diberitahu melalui pesan atau email,” bebernya.
    
Sementara itu, General Manager PT Angkasa Pura II, Zulfahmi mengatakan jadwal Air Asia semestinya tidak setiap hari, melainkan Senin, Kamis, Jumat dan Minggu. “ Jadi seminggu hanya empat kali penerbangan dengan jadwal penerbangan pukul 09.30 WIB,” terangnya.
    
Lebih lanjut dikatakan Zulfahmi, penerbangan kemarin memang belum ada izin, karena izin penerbangan hanya berlaku di jadwal empat hari tersebut. (qiw)


PALEMBANG – Penerbangan pesawat Air Asia QZ 8041 tujuan Palembang- Medan dengan jadwal Selasa (6/1) pukul 09.30 WIB, dibatalkan. Akibatnya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News