Di Tengah Diet Konsumen, Penjualan Merek Ini Masih Manis

Di Tengah Diet Konsumen, Penjualan Merek Ini Masih Manis
Ilustrasi penjualan mobil. (Foto: ridha/jpnn)

jpnn.com, JAKARTA - Dalam laporannya, Toyota mencatatkan angka distribusi (wholesales) sebanyak 29.821 unit pada September 2018 dengan pangsa pasar naik jadi 32 persen, meningkat dibanding bulan sebelumnya di 30,5 persen.

“Dalam dua bulan terakhir, konsumen terlihat lebih memperketat pengeluarannya, termasuk untuk pembelian kendaraan. Kami bersyukur, market share Toyota pada September ini meningkat menjadi 32 persen,” kata Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto, di Jakarta, Rabu (24/10).

Pertumbuhan pangsa pasar tersebut berasal dari segmen hatchback, MPV dan SUV. Di segmen hatchback, total penjualan pada September mencapai 2.789 unit di mana kontribusi terbesar berasal dari Agya mencapai 2.437 unit, atau berkontribusi sekitar 87,4 persen dari total penjualan hatchback Toyota.

“Di segmen entry hatchback kelas 1.200 cc, market share Agya mencapai lebih dari 61 persen. Ini menunjukkan minat pelanggan terhadap Agya masih sangat besar, khususnya di segmen 1.200 cc,” kata Soeryo.

Toyota Agya hadir sebagai kendaraan dengan kualitas global (global quaility standard), dan didukung jariangan layanan purnajual yang tersebar luas, membuat Agya banyak diminati masyarakat.

Selain segmen entry hatchback, total penjualan segmen MPV pada September mencapai 17.767 unit sehingga semakin memperkuat posisi Toyota sebagai market leader dengan pangsa pasar naik jadi 46,1 persen dibanding bulan sebelumnya 43,63 persen.

Penyumbang terbesar berasal dari penjualan mobil Avanza yang mencapai 6.151 unit atau berkontribusi sekitar 34,6 persen dari total MPV, disusul Kijang Innova sebesar 29,1 persen.

Untuk segmen SUV, penjualan tercatat sebanyak 7.929 unit. Dua andalan Toyota di segmen ini yaitu Rush dan Fortuner berhasil meraih kinerja mengesankan seperti terlihat pada peningakatan pangsa pasar. Penjualan Rush membukukan angka 5.797 unit dan market share 44,8 persen.

Dalam laporannya, Toyota mencatatkan angka distribusi (wholesales) sebanyak 29.821 unit pada September 2018 dengan pangsa pasar naik jadi 32 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News