Di Tengah Pandemi Corona, Bayi Singa Putih Lahir di TSP

Di Tengah Pandemi Corona, Bayi Singa Putih Lahir di TSP
Bayi singa putih bernama Gisel merupakan koleksi satwa baru di Taman Safari Prigen (TSP). Gisel lahir pada 8 April 2020 dengan berat 1,5 kilogram. Foto: ANTARA/HO/Taman Safari Prigen

jpnn.com, MALANG - Bayi singa putih lahir di tengah pandemi Corona di Taman Safari Prigen (TSP), Jawa Timur. Bayi singa tersebut diberi nama Gisel.

General Manager Taman Safari Prigen Diaz Yonadie mengemukakan, Gisel lahir dengan normal pada 8 April 2020, dengan berat 1,5 kg. Gisel lahir dari indukan betina bernama Ghost dan pejantan bernama Kaka.

Proses kelahirannya ditangani oleh drh Hanifa Agus Setyawan dan Ponasri, keeper (perawat satwa). "Kelahiran Gisel membuktikan kesuksesan Taman Safari Prigen dalam breeding (pengembangbiakan) satwa," ucapnya dalam siaran pers yang diterima di Malang, Senin (1/6).

Meskipun dalam kondisi penutupan sementara untuk memutuskan mata rantai penyebaran COVID-19, Taman Safari Prigen tetap memelihara satwa, baik dari segi pemberian pakan, perawatan hingga pengobatan terutama untuk satwa-satwa yang sedang mengandung dan melahirkan.

Sebagai lembaga yang fokus pada konservasi, kelahiran satwa merupakan salah satu indikator keberhasilan dalam menyelamatkan dan mencegah serta melindungi satwa-satwa yang terancam punah.

Sementara itu, dalam pemantauan selama hampir 2 bulan ini kondisi bayi dalam keadaan sehat dan dalam pengasuhan induknya. Dia terpantau menyusu setiap 2 jam sekali dan beraktivitas normal.

"Untuk penanganan dan perawatan induk betina pasca-melahirkan, kita berikan suplemen penambah volume ASI yaitu moloco," kata drh Hanifa yang menangani proses kelahiran singa putih tersebut.

Kurator Taman Safari Prigen drh Ivan Chandra mengatakan setelah vaksinasi saat berusia 3 bulan, si bayi singa putih ini akan dilepas ke exhibit untuk berkumpul bersama kelompoknya.

Taman Safari Prigen (TSP), Jawa Timur menambah koleksi satwanya setelah bayi singa putih yang diberi nama Gisel lahir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News