Diagram Real Count Perolehan Suara dalam Sirekap Mendadak Hilang, Alamak!

Diagram Real Count Perolehan Suara dalam Sirekap Mendadak Hilang, Alamak!
Anggota KPU RI Idham Holik saat wawancara eksklusif bersama ANTARA di Wisma Antara B, Cikini, Jakarta, Senin (29/1/2024). Foto: ANTARA/Narda Margaretha Sinambela.

jpnn.com - JAKARTA – Sejak Selasa (5/3) malam hingga Rabu pagi ini, diagram real count KPU perolehan suara Pilpres 2024 yang biasanya ditampilkan pada laman Sistem Rekapitulasi Suara (Sirekap) mendadak hilang.

Begitu pun dengan chart hasil perolehan suara pemilu legislatif DPR RI, DPRD, dan DPD RI.

Biasanya, ketika masyarakat mengakses Sirekap terlihat diagram berbentuk bulat atau batang yang menunjukkan perolehan suara dari masing-masing peserta pemilu.

Tercantum juga di bagian bawahnya mengenai keterangan jumlah TPS yang sudah memasukkan data perolehan suara dalam Sirekap.

Namun, hingga pagi ini Rabu 6 Maret 2024 pukul 07.00 WIB, baik diagram perolehan suara peserta pemilu maupun keterangan jumlah TPS yang memasukkan data Formulir Model C1-Plano, tidak ditayangkan.

Masyarakat hanya dapat melihat Formulir Model C1-Plano di TPS-TPS yang ada di daerah-daerah pemilihan, dan itu terjadi baik pada menu pilpres, pileg DPR RI, DPRD Provinsi hingga DPRD Kabupaten/Kota, maupun DPD RI.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Idham Holik menjelaskan penyebab diagram hingga bagan perolehan suara Pilpres dan Pileg pada pemilu 2024 dalam real count Sirekap mendadak hilang.

Dia menjelaskan saat ini KPU hanya akan menampilkan bukti autentik untuk hasil perolehan suara, yaitu Formulir Model C1-Plano atau catatan hasil penghitungan suara pemilu 2024.

Diagram real count KPU perolehan suara Pilpres 2024 yang biasanya ditampilkan pada laman Sirekap mendadak hilang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News