Dialog dengan Santri, Syarief Hasan: Tugas Utama Generasi Muda Bangsa Menuntut Ilmu

Dialog dengan Santri, Syarief Hasan: Tugas Utama Generasi Muda Bangsa Menuntut Ilmu
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, BOGOR - Wakil Ketua MPR Dr. H. Sjarifuddin Hasan, SE, MM, MBA mengatakan bahwa tugas utama generasi muda bangsa adalah menuntut ilmu dunia maupun akhirat.

Sosok yang kondang dengan nama Syarief Hasan itu menjelaskan mempelajari pengetahuan umum serta teknologi untuk meningkatkan intelektualisme, dan mendalami nilai-nilai luhur bangsa dalam rangka meningkatkan karakter dan jiwa nasionalisme adalah ilmu dunia. Dia menambahkan ilmu akhirat adalah menggali agama.

"Tugas pertama adalah menuntut ilmu dunia dan ilmu akhirat," katanya di hadapan ratusan santriwan dan santriwati Pondok Pesantren Al-Uzlah Cianjur, Jawa Barat, yang menjadi peserta acara 'Temu Tokoh Nasional Bersama Wakil Ketua MPR Syarief Hasan', di Aula Ponpes Al-Uzlah, Desa Ciherang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (21/11).

Hadir dalam acara yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat tersebut, Pimpinan Ponpes Al-Uzlah KH Aceng Yazid, Ketua Forum Komunikasi Orang Tua Murid Nanang Sutarja, Wakil Kepala Sekolah SMPIT Al-Uzlah Iden Mulyadi, serta tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.

Syarief mengatakan sebagai generasi muda, para santri dari berbagai ponpes di Indonesia mesti memiliki kesadaran yang kuat bahwa mereka menjadi tumpuan harapan bangsa ke depan. 

Bahkan, ia menegaskan, tampuk kepemimpinan daerah dan nasional akan ada di pundak mereka nantinya.

Menurutnya, beban dan tangung jawab mulia tersebut tentu saja sangat berat, apalagi tantangan bangsa ke depan makin besar dan kompleks. 

Karena itu, Syarief berpesan, generasi muda mesti mempersiapkan segala sesuatunya sejak dini dengan mempelajari, memahami, dan menjalankan apa yang menjadi tugas utama mereka.

Syarief Hasan menyampaikan pesan penting untuk generasi muda termasuk para santri di pondok pesantren (ponpes) yang ada di seluruh Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News