Dian Sastro Ingin Kain Tenun Jadi OOTD

Dian Sastro Ingin Kain Tenun Jadi OOTD
Dian Sastrowardoyo. Foto: Jawa Pos

jpnn.com - Dian Sastro sudah mempunyai agenda untuk merayakan bulan kemerdekaan Republik Indonesia. Bintang Kartini itu mengadakan pameran dan penggalangan dana untuk mengenalkan Sumba Timur dan kerajinan khasnya, tenun sumba. 


Event di Plaza Indonesia dan berlangsung hingga akhir bulan tersebut diberi tajuk Lukamba Nduma Luri.

Menurut Dian, Sumba Timur mempunyai modal untuk menjadi destinasi wisata unggulan. Mulai dari keindahan alam hingga kreasi tenun yang memikat. ’’Sayangnya, kondisi masyarakat dan kesejahteraan di sana masih kurang,’’ ujarnya kemarin.

Selama event, berbagai kain tenun khas Sumba Timur akan dipamerkan. Semua merupakan kreasi penenun lokal. Hasil penjualan kain disalurkan untuk membantu beberapa desa adat di sana. Misalnya, membuka akses air bersih di Wairinding dan renovasi rumah adat di Prainatang.

Saat melakukan riset di Sumba Timur pada awal tahun, Dian menjalin relasi dengan warga lokal. Ibu dua anak itu belajar menenun dengan benang dari kapas bersama para perempuan lokal.

Pemandangan sabana dan pantai pun dinikmati Dian. Hal-hal tersebut semakin membuat Dian bersemangat menggalang dana untuk mempromosikan tenun sekaligus memperbaiki kehidupan masyarakat Sumba Timur.

Kemarin Dian tampak cantik mengenakan kreasi kain tenun yang dijadikan rok lilit dan selendang. Dian ingin kain tenun menjadi salah satu bahan outfit of the day (OOTD) bagi generasi muda. ’’Kain tenun bisa dibuat jadi berbagai macam pakaian yang trendy. Nggak usah takut kuno,’’ ungkapnya. (len/c20/na)


Dian Sastro sudah mempunyai agenda untuk merayakan bulan kemerdekaan Republik Indonesia. Bintang Kartini itu mengadakan pameran dan penggalangan


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News