JPNN.com

Diawetkan, Kim Jong-il Jadi Pemimpin Abadi

Jumat, 13 Januari 2012 – 04:52 WIB
Diawetkan, Kim Jong-il Jadi Pemimpin Abadi - JPNN.com
Diawetkan, Kim Jong-il Jadi Pemimpin Abadi
SEOUL - Kim Jong-il ternyata "mengikuti" sang ayah, mendiang Kim Il-sung. Mantan penguasa Korea Utara (Korut) yang tutup usia pada 17 Desember tahun lalu itu bakal bisa dilihat warganya.

Kemarin (12/1) pemerintah Korut mengumumkan akan mengabadikan jasad tokoh 69 tahun tersebut. Selanjutnya, jasad Kim akan bersanding di sebelah mendiang sang ayah, Kim Il-sung.

Selain mengabadikan jasad tokoh yang dijuluki sebagai pemimpin besar itu, Pyongyang juga berencana mendirikan patung serta membangun beberapa menara sebagai bentuk penghormatan terhadap Kim Jong-il. "Partai pemerintah memberikan gelar pemimpin abadi (eternal leader) kepada beliau dan menjadikan hari lahir beliau yang diperingati setiap 16 Februari sebagai Hari Bintang Kemilau (Day of the Shining Star)," tutur Pyongyang seperti dikutip kantor berita pemerintah Korut, KCNA.

 

Meski akan sama-sama menghuni Kumsusan Memorial Palace, belum jelas apakah Kim akan menempati ruangan yang sama dengan sang ayah yang bergelar presiden abadi (eternal president) itu. Pyongyang juga tidak menyebutkan kapan Kim akan mulai menempati rumah terakhirnya itu. Dulu, Kim Il-sung baru disemayamkan di bekas istananya tersebut sekitar setahun setelah wafat pada 1954.

 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...