Dibalut Pakaian Adat, Jokowi Ikut Pawai Pesta Kesenian Bali

Dibalut Pakaian Adat, Jokowi Ikut Pawai Pesta Kesenian Bali
Presiden Jokowi ikuti pawai Pesta Kesenian Bali 2018. (Foto: Biro pers Setpres/jpnn)

jpnn.com, DENPASAR - Agenda terakhir kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana ke Bali adalah menghadiri pawai pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-40 tahun 2018, di depan Monumen Bajra Sandi, Lapangan Puputan Niti Mandala, Renon, Kota Denpasar, Sabtu sore (23/6).

Presiden Jokowi yang hadir dengan mengenakan baju adat Bali berwarna putih yang dipadukan dengan udeng, saput dan kamen berwarna hijau, didampingi Ibu Negara Iriana yang mengenakan kebaya khas Bali berwarna hijau, langsung menuju panggung utama.

Dalam acara tersebut, Jokowi tidak hanya melepas peserta pawai, tapi juga turut serta menjadi peserta pawai yang bertajuk Teja Dharmaning Kauripan (Api Spirit Penciptaan).

“Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, pawai Pekan Kesenian Bali ke-40 2018 saya nyatakan dimulai," ucap Presiden Ketujuh RI itu.

Setelah itu Presiden memukul gong tanda dimulainya PKB ke-40 dan menyaksikan Tari Siswa Nataraja diiringi Gamelan Ketug Bumi yang dipersembahkan oleh ISI Denpasar.

Kemudian berturut-turut, peserta pawai memulai rangkaiannya. Dimulai dari Pemerintah Provinsi Bali, Kota Denpasar, Kabupaten Bangli, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Badung, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Tabanan dan Marching Band Universitas Udayana.

Selain peserta dari kabupaten dan kota se-Provinsi Bali, pawai juga diikuti oleh peserta dari luar daerah dan luar negeri. Tampak ikut berpawai pemerintah Provinsi GuangXi China, ISBI Papua, Sanggar Basundari Jepang, Forum Sunda Kecil, Konsulat Jepang, dan Marching Band Warmadewa.

Presiden dan Ibu Iriana bersama Gubernur Bali I Made Mangku Pastika beserta Ibu Ni Made Ayu Putri kemudian menaiki mobil hias untuk mengikuti pawai. Dari mobil hias tersebut, pemimpin yang baru berulang tahun ke-57 menyapa masyarakat yang memenuhi rute pawai.

Agenda terakhir kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Bali untuk menghadiri pawai pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-40 tahun 2018 di Kota Denpasar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News