Jokowi Dorong Institut Seni Picu Pertumbuhan Dunia Kreatif

Jokowi Dorong Institut Seni Picu Pertumbuhan Dunia Kreatif
Presiden Jokowi saat memberikan kuliah umum di ISI, Bali. (Foto: KSP/jpnn)

jpnn.com, BALI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong keberadaan institut seni seperti Institut Seni Indonesia (ISI) menjadi pelopor lahirnya semangat juang dalam dunia kreatif. Sehingga dunia seni dapat menyesuaikan diri dengan perubahan dunia yang begitu cepat.

Pernyataan ini disampaikan Jokowi saat memberikan kuliah umum di Kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Kota Denpasar, Bali pada Sabtu (23/6).

"Saya berharap banyak dari institut-institut seni yang ada di seluruh Indonesia, termasuk ISI Denpasar, untuk menjadi arena pembentukan elan, semangat hidup, yang mendorong kemajuan, menjadi tempat bersemainya kreativitas yang melahirkan pemikiran dan karya-karya kreatif," ujarnya.

Mantan wali kota Surakarta itu percaya bahwa dalam kaitannya dengan pembangunan nasional, seni-seni kreatif bernilai tinggi yang menjadi DNA bangsa dan tumbuh pesat seperti di Bali, dapat menjadi inspirasi sekaligus energi penggerak bagi munculnya loncatan-loncatan kemajuan.

"Jadikan karya-karya seni saudara sekalian sebagai sumber inspirasi pemersatu bangsa, pemersatu suku-suku yang ada di negara kita. Jadikan karya-karya seni sebagai sumber energi kemajuan peradaban bangsa Indonesia. Teruslah berprestasi dan berkarya untuk bangsa," tandasnya.

Setelah memberikan kuliah umum, Presiden berjalan kaki menuju Gedung Latamahosadhi untuk meninjau Pusat Kreativitas Mahasiswa dan Pusat Dokumentasi Seni ISI Denpasar.

Sebelum tiba di gedung tersebut, pemimpin yang baru saja berupang tahun ke-57, sempat menggoreskan tinta di atas kanvas yang akan diteruskan untuk menjadi sebuah lukisan oleh mahasiswa ISI Denpasar. (fat/jpnn)


Presiden Jokowi berharap mendorong keberadaan institut seni seperti Institut Seni Indonesia (ISI) menjadi pelopor lahirnya semangat juang dalam dunia kreatif.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News