Survei: Mayoritas Pendukung Jokowi Pilih Sudirman-Ida

Survei: Mayoritas Pendukung Jokowi Pilih Sudirman-Ida
Sudirman Said dan Ida Fauziah. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Focus Survei Indonesia (FSI) menyatakan mayoritas pemilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jawa Tengah (Jateng) bakal memilih pasangan Sudirman Said-Ida Fauziah. Hal itu terungkap dari hasil survei yang digelar FSI 2-14 Juni 2018.

Direktur Survei FSI Andre Gunawan menjelaskan dari sebaran responden yang pernah ikut memilih Jokowi pada pilpres 2014, sebanyak 60,9 persen di antaranya memilih Sudirman-Ida. Yang memilih Ganjar Pranowo-Taj Yasin hanya 30,2 persen.

Sedangkan yang memilih Prabowo Subianto saat pilpres 2104, sebanyak 79,2 persen mengaku akan menjatuhkan pilihan pada Sudirman-Ida. "Sebanyak 12,7 persen memilih Ganjar Pranowo-Taj Yasin," kata Andre dalam keterangannya, Jumat (22/6).

Survei digelar FSI 2-14 Juni 2018 melibatkan 1466 responden yang sudah berusia 17 tahun dan memiliki hak pilih di 29 kabupaten dan enam kota di Jateng.

Penentuan jumlah sample mengunakan metode multistage random sampling berdasarkan populasi DPT Jawa Tengah di pilkada 2018 sebanyak 27.068.125. Adapun margin of eror kurang lebih 2,56 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Andre menjelaskan, jika pemilihan gubernur Jateng digelar saat ini, Sudirman-Ida meraih 52,9 persen. Sedangkan Ganjar-Taj 44,2 persen.

"Sementara 2,9 persen dari para responden tidak menentukan pilihannya atau golput," katanya.

Andre menjelaskan dalam survei itu juga terlihat bagaimana demografi pemilih di Pilgub Jawa tengah. Berdasar profesi, 38,1 persen ibu rumah tangga menyatakan memilih Ganjar-Taj dan 49,4 persen Sudirman-Ida.

Lembaga Focus Survei Indonesia (FSI) menyatakan mayoritas pemilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jawa Tengah (Jateng) bakal memilih pasangan Sudirman Said-Ida

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News