Dibebaskan Taliban, Kondisi Bergdahl Terus Membaik

Dibebaskan Taliban, Kondisi Bergdahl Terus Membaik
Sersan Bowe Bergdahl. Getty Images

jpnn.com - Kondisi kesehatan tentara Amerika Serikat (AS), Bowe Bergdahl dilaporkan terus membaik. Tentara yang ditahan Taliban di Afghanistan hampir selama 5 tahun terus mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit militer AS di Jerman.

Juru bicara Pentagon Kolonel Steve Warren mengatakan Bergdahl dalam kondisi stabil setelah dibebaskan Taliban. Perkembangan kesehatan tentara berusia 28 tahun itu terus membaik setiap harinya.

“Ia masih dalam kondisi stabil. Kesehatannya terus membaik setiap hari. Ia berbicara dengan petugas medis dan semakin terlibat dalam rencana pengobatannya. Ia beristirahat lebih baik dan menunjukkan tanda-tanda membaik,” kata Warren seperti yang dilansir Voa Indonesia.

Hanya saja, Warren enggan merinci penyakit yang diderita Bergdahl. Sejauh ini, Bergdahl juga belum berbicara dengan keluarganya dan juga belum ada kepastian jadwal akan dipulangkan ke AS.

Sersan Bowe Bergdahl yang hampir lima tahun berada dalam tahanan Taliban akhirnya dibebaskan Sabtu malam (31/5). Pembebasan tentara berpangkat sersan itu tidak gratis.

Pemerintah Amerika Serikat terpaksa membebaskan lima tahanan Afghanistan yang selama ini dikurung di penjara Guantanamo di teluk Kuba.

Kelima tahanan Taliban itu adalah Mohammad Fazl yang selama perang Afghan 2001 bertugas sebagai deputi menteru pertahanan Taliban. Dia dituduh melakukan kejahatan perang termasuk pembantaian ribuan Muslim Siah.

Kedua, Khirullah Khairkhwa, seorang pejabat senior Taliban yang sebelum ditangkap menjabat posisi menteri dalam negeri dan gubernur Herat. Ini adalah kota terbesar ketiga di Afghanistan. Khairkhwa dituduh memiliki hubungan dekat dengan Osama bin Laden.

Kondisi kesehatan tentara Amerika Serikat (AS), Bowe Bergdahl dilaporkan terus membaik. Tentara yang ditahan Taliban di Afghanistan hampir selama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News