Dibutuhkan 50 Ribu Guru Setiap Tahun

Dibutuhkan 50 Ribu Guru Setiap Tahun
Dibutuhkan 50 Ribu Guru Setiap Tahun
JAKARTA - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh menyampaikan, pemerintah membutuhkan sebanyak 50 ribu  guru setiap tahun. Kebutuhan guru itu untuk mengganti guru yang telah pensiun dan menambah kekurangan saat ini.

Mendiknas menyebutkan, dari 2,6 juta guru di Indonesia, masih terdapat 1,3 juta lebih atau 57 persen guru yang belum memiliki kualifikasi pendidikan minimal D4 atau S1. Selain itu, lanjut Mendiknas, sebanyak 71 persen guru belum tersertifikasi.

"Masalah itu memerlukan komitmen dan strategi, serta mobilisasi sumber daya yang luar biasa. Reformasi birokrasi di lingkungan Kemendiknas yang dilakukan sekarang ini tetap bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara efisien dan efektif," terang Mendiknas kepada wartawan di Jakarta, Senin (26/4).

Dikatakan, saat ini Kemendiknas sedang giat melakukan reformasi pendidikan melalui peningkatan kualitas guru. Lebih lanjut dikatakan,  dalam reformasi birokrasi tersebut, salah satu aspeknya adalah penataan struktur organisasi. "Dengan struktur yang baru ini, kompleksitas masalah tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, baik dari sisi percepatan, pemenuhan standar minimal, aspek kualifikasi, dan profesionalitas dapat diselesaikan dengan baik. Sekaligus melihat satu satuan pendidikan secara utuh," papar Mendiknas.

JAKARTA - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh menyampaikan, pemerintah membutuhkan sebanyak 50 ribu  guru setiap tahun. Kebutuhan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News