Didukung Benih Berkualitas, Bawang Putih Lokal Berkembang Pesat di Temanggung

Didukung Benih Berkualitas, Bawang Putih Lokal Berkembang Pesat di Temanggung
Dirjen Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto saat mengunjungi sentra produksi bawang putih di Temanggung. Foto: Humas Ditjen Hortikultura Kementan.

jpnn.com, TEMANGGUNG - Kementerian Pertanian (Kementan) menjamin stok bawang tercukupi menjelang lebaran Idulfitri. Pasalnya, pasokan bawang merah dari sentra-sentra produksi terpantau aman. Bahkan, bawang putih lokal pun terlihat mulai dijajakan di pasar dan bersaing dengan bawang putih impor.

Hal itu membuat Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto begitu optimis ketersediaan bawang hingga lebaran Iduladha nantinya bakal tersedia dan mencukupi.

Saat melakukan monitoring produksi bawang di Demak dan Temanggung, dirjen yang beken disapa dengan panggilan Anton itu bersama tim Kementan bertemu langsung petani, memantau fluktuasi harga di pasar, dan berdiskusi dengan para pedagang bawang.

Anton mengatakan sesuai arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL), jajaran Kementan diperintahkan untuk mengawal ketersediaan bawang dan cabai menjelang hari-hari besar keagamaan (HBKN).

"Pak Menteri memerintahkan saya untuk melakukan monitoring, kami langsung bergerak dan pantau semua. Tadi kami ke gudang-gudang bawang di pasar Legi Parakan Temanggung, alhamdulillah stok banyak dan harganya juga stabil," ucap Anton dalam keterangannya, Selasa (11/5).

Geliat Bawang Putih Lokal Semakin Nyata

Berdasarkan data monitoring Early Warning System (EWS) yang dirilis Ditjen Hortikultura Kementan baru-baru ini, produksi bawang putih pada Mei 2021, yaitu sebanyak 7.786 ton. Sedangkan perkiraan kebutuhan konsumsi 47.084 ton.

Meskipun produksi bawang putih lokal masih belum dapat mensubstitusi impor yang mencapai lebih dari 90 persen, tetapi di beberapa tempat diketahui minat masyarakat untuk mengonsumsi bawang putih lokal makin meningkat.

Dirjen Hortikultura Prihasto Setyanto optimis ketersediaan bawang putih hingga lebaran Idulfitri dan Iduladha mencukupi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News