Digagas, Pengungsi Merapi Kerja di Lahan Sawit

Digagas, Pengungsi Merapi Kerja di Lahan Sawit
Digagas, Pengungsi Merapi Kerja di Lahan Sawit
JAKARTA- Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Luther Kombong menyarankan pengusaha untuk ikut peduli dengan pengungsi korban letusan Gunung Merapi di Yogyakarta. Caranya, dengan menampung sekaligus memberikan pekerjaan pada para pengungsi. Untuk tahap awal, bantuan seperti ini bisa dilakukan oleh pengusaha kelapa sawit yang banyak tersebar di Kalimantan dan Sumatera dengan memberikan lahan seluas 2 hektare serta mempekerjakan mereka sesuai UMR setempat.

Ide ini menurut Luther, telah disampaikan ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat bertemu selepas menghadiri pertemuan tingkat tinggi G20 di Korea Selatan, pekan lalu. "Kata Pak Presiden, akan ditindaklanjuti," ucap Luther ditemui di ruang kerjanya, Senin (15/11). Tak sebatas ide, Luther yang juga pengusaha kelapa sawit asal Kaltim ini, mengaku siap menampung 100 kepala keluarga (KK) korban Merapi di dua perkebunannya yang ada di Kabupaten Berau.

Jika ide ini terwujud, Luther berharap ada aturan yang meminta para pengusaha untuk menampung paling sedikit 50 KK atau 100 KK untuk pengusaha sawit besar. Dengan begitu, beban sosial maupun ekonomi pengungsi bisa dikurangi, atau bahkan sangat mungkin lebih berkembang karena jenis pekerjaan mereka tak berubah yakni bercocok tanam."Beda halnya kalau pengungsi Mentawai yang nelayan, kita tawari bercocok tanam. Pasti sulit. Lahan itu nantinya jadi milik mereka sendiri," tambahnya anggota DPD pemilihan Kaltim ini.

Agar bisa cepat menyesuaikan diri, tambah Luther, para pengungsi ditempatkan dalam wilayah perkebunan yang sama. Mereka juga dibagi dalam kelompok sesuai asal daerah, budaya dan agama.  Sedangkan soal lahan atau rumah yang ditinggalkan, bisa dijual atau dibiarkan sebagai aset, karena tak mungkin ditanami atau ditinggali dalam waktu dekat mengingat kondisi Merapi masih fluktuatif. "Harapan saya sih dijual, supaya pemerintah bisa mereboisasi daerah bahaya di Merapi," ungkap Luther.

JAKARTA- Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Luther Kombong menyarankan pengusaha untuk ikut peduli dengan pengungsi korban letusan Gunung Merapi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News