Di Hadapan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia, Jokowi: Sinergi Adalah Kunci

Di Hadapan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia, Jokowi: Sinergi Adalah Kunci
Presiden Jokowi menyampaikan sinergi antara pemangku kepentingan dan digitalisasi jadi faktor penting dalam mendorong perekonomian. Foto : Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi menyampaikan sinergi antara pemangku kepentingan dan digitalisasi sangat krusial dalam transformasi struktural ekonomi nasional.

Menurut kepala negara, hal itu ditujukan untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19.

“Dalam percepatan ekonomi, sinergi adalah kunci,” tegas Jokowi pada pembukaan Kongres ISEI XXI dan Seminar Nasional 2021, Selasa (21/8).

Presiden juga menekankan pentingnya digitalisasi untuk mendukung pemulihan ekonomi, khususnya melalui penerapan one single submission (OSS) untuk menyederhanakan proses perizinan dalam membuka usaha di Indonesia.

“(Digitalisasi, red) ini penting untuk mendorong perekonomian daerah dan pusat agar terus tumbuh,” kata Presiden.

Melalui digitalisasi diharapkan juga membantu pengembangan badan usaha milik petani, membuka akses pemasaran melalui kemitraan dan penyederhanaan akses pembiayaan.

Di samping itu, Jokowi berharap para ekonom dan akademisi, khususnya yang tergabung di Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) memberikan gagasan segar untuk memperkuat proses pemulihan ekonomi nasional.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menekankan digitalisasi ekonomi, keuangan, dan bidang lain secara menyeluruh sangat diperlukan.

Presiden Jokowi menyampaikan sinergi antara pemangku kepentingan dan digitalisasi jadi faktor penting dalam mendorong perekonomian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News