Dihadiri Jokowi, Seluruh Pilar Partai Wajib ke Semarang

Dihadiri Jokowi, Seluruh Pilar Partai Wajib ke Semarang
Dihadiri Jokowi, Seluruh Pilar Partai Wajib ke Semarang

jpnn.com - SEMARANG – PDIP akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Kota Semarang Jawa Tengah pada tanggal  19-21 September 2014 mendatang.

“Rakernas PDIP akan digelar di Semarang tanggal 19 hingga 21 nanti. Pak Jokowi akan datang,” kata Sekretaris Jenderal DPP PDIP Tjahjo Kumolo saat menghadiri Pendidikan dan Pelatihan Kader Madya DPD PDIP Jawa Tengah di Hotel Gumaya Semarang  kemarin.

Tjahyo mengatakan Rakernas PDIP mendatang untuk menyolidkan struktur partai dari tingkat pusat sampai daerah.

Selain presiden terpilih akan datang,  para pimpinan DPRD dari pusat sampai daerah, semua kepala daerah dari DPIP baik gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, wali kota/walikota akan datang.  Tidak hanya itu. Seluruh Ketua DPD dan DPC PDIP seluruh Indonesia, ketua, sekretaris, dan bendahara juga wajib datang.

Kata Tjahyo, tiga pilar partai (struktur partai, pimpinan  DPRD, dan kepala daerah) harus solid. Sehingga pengambilan keputusan politik yang berkaitan dengan anggaran di pusat dan di daerah, peraturan daerah, undang-undang legislasi dan kebijakannya bisa saling mengontrol.

"Agenda utama rakernas adalah mengambil sebuah keputusan sebagaimana amanat Kongres yang lalu. Dan terhitung mulai Oktober 2014, PDIP menyatakan diri sebagai partai yang berada di dalam pemerintahan ke depan," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pada Rakernas mendatang presiden terpilih Joko Widodo kemungkinan besar akan mengeluarkan pernyataan khusus mengenai kabinet pemerintahan yang akan dibentuknya.

"Saat ini beliau sedang 'menggodok' nama-nama calon kabinetnya. Kami (PDIP) tidak tahu berapa jumlah kementerian pada pemerintahannya, apakah ada penambahan atau penggabungan, karena itu merupakan hak prerogatif presiden," terangnya saat ditanya apakah kemungkinan ada penambahan atau penggabungan menteri. (saf)


SEMARANG – PDIP akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Kota Semarang Jawa Tengah pada tanggal  19-21 September 2014 mendatang.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News