Dikaji Pemicu Turunnya Persentase Kelulusan UN

Dikaji Pemicu Turunnya Persentase Kelulusan UN
Dikaji Pemicu Turunnya Persentase Kelulusan UN
JAKARTA - Menteri Pendidikan Nasional, Muh Nuh mengatakan pihaknya segera akan melakukan analisis terhadap penyebab turunnya persentase kelulusan UjianNasional (UN) tahun 2010. Mantan menkominfo Kabinet Indonesia Bersatu Jilid I itu mengakui terjadi penurunan hingga 3 persen dari tahun sebelumnya.

"Segera dianalisis faktor-faktor penyebab turunnya. Apakah karena derajat kesulitan soalnya atau karena proses belajar mengajarnya tidak bagus," kata Muh Nuh usai menghadiri rapat kerja di Gedung DPR, Jakarta, Senin (26/4).

Sarana dan prasarana pendidikan juga bisa menjadi penyebab turunnya kelulusan. Kemungkinan-kemungkinan lain, lanjutnya, waktu pengerjaan soal terlalu singkat atau karena semangat dari siswa yang  turun. "Apa saja, semua itu harus dibuka dan dianalisis untuk mengetahui apa persoalannya," ujarnya.

Karena itu, menurut Nuh, pihaknya saat ini tengah merampungkan  data mengenai mata pelajaran apa yang paling sulit dikerjakan siswa di setiap daerah. "Maka itu kami sedang merampungkan dari sekian banyak yang tidak lulus, mata pelajaran apa, untuk daerah mana dan seterusnya,"ujarnya.

JAKARTA - Menteri Pendidikan Nasional, Muh Nuh mengatakan pihaknya segera akan melakukan analisis terhadap penyebab turunnya persentase kelulusan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News