Dikritik, Dokter Sangat Berkuasa Tentukan Jenis Obat

Dikritik, Dokter Sangat Berkuasa Tentukan Jenis Obat
Dikritik, Dokter Sangat Berkuasa Tentukan Jenis Obat
JAKARTA--Pengamat kesehatan dari Universitas Gajah Mada (UGM) Prof. Laksono Trisnanto mengungkapkan, penjamin ketersedianya akses masyarakat terhadap obat-obatan ditentukan dari peran dokter. Alasannya, sampai saat ini, dokter sangat berkuasa dalam menentukan jenis obat bagi pasiennya. Pasien tidak mampu menolak obat yang telah diresepkan oleh seorang dokter.

”Jika seorang dokter meresepkan obat yang laku keras di pasaran, tentu kompensasinya akan lain jika dia meresepkan obat yang tidak begitu laku,” ujar Laksono di Jakarta, Senin (10/10).

Menuruntya, bukan rahasia umum jika hal ini terkait dengan gaya hidup dari seorang dokter. Ia menuturkan, ada dua kelompok dokter yang ada saat ini. Pertama, dokter yang bekerja berdasarkan sistem free market .

Kedua, dokter yang dikendalikan oleh mekanisme yang berlaku yang ditetapkan pemerintah. ”Sebagian besar penghasilan para dokter berasal dari fee for service dan hanya sebagian kecil dari skema asuransi kesehatan,” jelasnya.

JAKARTA--Pengamat kesehatan dari Universitas Gajah Mada (UGM) Prof. Laksono Trisnanto mengungkapkan, penjamin ketersedianya akses masyarakat terhadap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News