Dilarang, Tes Baca-Tulis Masuk SD

Dilarang, Tes Baca-Tulis Masuk SD
Dilarang, Tes Baca-Tulis Masuk SD
JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (kemendiknas) melarang keras kepala sekolah untuk melakukan tes terhadap siswa yang akan masuk SD. Sesuai Surat Edaran dari Dirjen Dikdasmen Nomor 1839/C.C2/TU/2009 yang mengatur tentang criteria calon peserta didik tingkat SD/MI di seluruh kabupaten/kota.

Wakil Mendiknas, Fasli Jalal menegaskan, pemerintah daerah wajib mengawasi proses penerimaan siswa baru tingkat SD. Termasuk memberikan sanksi tegas terhadap sekolah yang masih melakukan tes masuk SD. "Dalam SE saja sudah jelas. Tentu daerah harus mematuhi dan menerapkan sanksi yang dikenakan," ujar Fasli.

Kata dia, menggunakan tes menulis dan membaca untuk calon siswa SD dianggap melanggar kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Seharusnya, menurut Fasli, dengan usia enam tahun siswa tidak dipaksakan untuk bisa menulis dan membaca. "Karena dalam dunia mereka, bermain itu segala-galanya," papar Fasli.

Dia mengungkapkan,  bahwa pada usia dibawah tujuh tahun, kecerdasan berhitung dan mengenal huruf itu dianggap sebagai bonus dari proses bermain mereka. "Seandainya memang bisa berhitung dan membaca, itu bukan karena dipaksa," paparnya.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (kemendiknas) melarang keras kepala sekolah untuk melakukan tes terhadap siswa yang akan masuk SD. Sesuai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News