Dinilai Tak Netral, KPU Didemo

Dinilai Tak Netral, KPU Didemo
Dinilai Tak Netral, KPU Didemo
JAKARTA- Puluhan orang dari Masyarakat Peduli Demokrasi (MPD) berdemonstrasi di depan gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jl Imam Bonjol, Jakarta, Senin (29/6). Mereka silih berganti berorasi menuding KPU tidak bersikap netral dalam pemilihan presiden (pilpres) kali ini.

Dalam aksi yang dimulai sekitar pukul 12.00 WIB tersebut, MPD menyatakan sikap yang tertuang dalam lima hal. Antara lain; mendesak KPU untuk tetap bersikap netral dalam Pilpres 2009 ini. Mendesak KPU untuk segera menarik seluruh alat peraga pencontrengan yang menguntungkan salah satu pasangan Capres dan Cawapres. Meminta pemerintah untuk tidak melakukan intervensi dalam bentuk apapun kepada KPU.

Berikutnya, MPD meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk menindaklanjuti kasus-kasus pelanggaran pemilu, termasuk yang melibatkan KPU sendiri. Lalu, mengimbau seluruh komponen masyarakat untuk turut melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Pilpres 2009.

Koordinator aksi Asban Sibagariang menyebutkan, sejumlah kasus pelanggaran pemilu ditengarai melibatkan KPU.

Misalnya yang terungkap di Lampung, Sumatera Selatan, di mana sejumlah kertas suara Pilpres 2009 telah tercoblos. "Ada apa ini? Bagaimana ini bisa terjadi jika tidak melibatkan orang dalam KPU. Pihak yang berwenang harus bertindak tegas. Kalau perlu pidanakan oknum KPU yang terbukti bermain," tegas Asban. (lhl/JPNN)

JAKARTA- Puluhan orang dari Masyarakat Peduli Demokrasi (MPD) berdemonstrasi di depan gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jl Imam Bonjol, Jakarta,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News