Dipastikan, Foto Gedung Terbakar Ini Bukan Hotel Sakkab Al Barakah di Makkah

Dipastikan, Foto Gedung Terbakar Ini Bukan Hotel Sakkab Al Barakah di Makkah
Foto ini yang dikait-kaitkan dengan kebakaran satu kamar di Hotel Sakkab Al Barakah sektor IV nomor 403 yang dihuni oleh jamaah haji Indonesia. Foto: kemenag/Int

jpnn.com - MAKKAH - Di media sosial sempat beredar sejumlah foto gambar gedung terbakar hebat sehingga api menjulur sampai keluar gedung. Foto tersebut dikait-kaitan dengan peristiwa kebakaran satu kamar di Hotel Sakkab Al Barakah sektor IV nomor 403 yang dihuni oleh jamaah haji Indonesia.

Selain itu, juga beredar foto-foto kebakaran yang disebut-sebut pasar Malik Abdul Aziz.

Kepala Seksi Perlindungan Jamaah Daker Makkah Jaetul Mukhlis memastikan bahwa berita foto yang beredar itu bukan peristiwa kebakaran yang terjadi di 403. Karenanya mengkaitkan berita foto itu dengan kebakaran satu kamar di Hotel yang terletak di kawasan Aziziah Syimaliah Kamis (17/09) dini hari itu adalaha tidak benar.

“Perlu kita klarifikasi dan saya nyatakan bahwa berita itu tidak benar. Sebab, foto  yang beredar itu merupakan kejadian pada  tahun-tahun lalu, baik berita kebakaran di pasar  maupun di hotel,” tegas Muchlis di Kantor Daker Makkah, Sabtu (19/9), seperti dilansir situs resmi kemenag.

Muchlis mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi dengan berita-berita yang tidak benar. “Tetap tenang dan klarifikasi berita yang ada kepada sumber resmi,” pesannya.

Sebelumnya, dia sudah menjelaskan mengenai satu kamar di pemondokan jamaah haji Indonesia nomor 403 yang terbakar. Kebakaran yang menghanguskan seisi kamar 801 di lantai 8 hotel Hotel Sakkab Al Barakah, Aziziah, ini diduga terjadi karena rice cooker lupa dimatikan pada saat  penghuni kamar melaksanakan umrah qudum (kedatangan).

Peristiwa kebakaran terjadi pada Kamis (17/09) dini hari sekitar pukul 00.00 waktu Arab Saudi (WAS). Saat itu, penghuni kamar sedang melaksankaan umrah qudum (kedatangan). Tidak ada korban jiwa, namun seluruh barang bawaan milik jamaah yang tinggal di kamar itu habis terbakar.

“Ada dua orang yang tinggal di dalam kamar itu,” kata  Muchlis Bashir, Kamis (17/9)

MAKKAH - Di media sosial sempat beredar sejumlah foto gambar gedung terbakar hebat sehingga api menjulur sampai keluar gedung. Foto tersebut dikait-kaitan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News