Dipiloti Bekas Kosmonot Rusia

Dipiloti Bekas Kosmonot Rusia
Kegembiraan sebelum berangkat, Sukhoi Superjet100 diwarnai kegembiraan. tampak pilot Alexander Yablontsev (kiri), pramugari dan kopilot Alexander Kochetkov, sebelum berangkat, 9 Mei 2012. Foto: Twitter/ Sergey Dolya
JAKARTA - Penerbangan demo pesawat Sukhoi Superjet kemarin sebenarnya telah dipersiapkan dengan baik. Untuk menerbangkan pesawat yang dimuati calon-calon pembeli potensial di Indonesia, Sukhoi menunjuk Aleksandr Nikolaevich Yablontsev untuk memimpin penerbangan sebagai kapten pilot.

Tablontsev adalah seorang penerbang berpengalaman. Pensiunan letnan kolonel Angkatan Udara Rusia ini adalah mantan kosmonot (penerbang pesawat ulang-alik) Buran milik Rusia.

Meski telah bergabung ke korps kosmonot sebagai pilot tes selama tujuh tahun (1989-1996), Yablontsev belum pernah sekali pun terbang ke luar angkasa.

Usai berdinas sebagai pelatih tes pilot Angkatan Udara Rusia di Akhtubinsk, pilot kelahiran Polandia ini lantas bergabung sebagai pilot di Transaero-Airline dan Transevropskiye Aviliniy Airline. Pria 57 tahun ini lantas bergabung ke Sukhoi sebagai pilot tes pesawat komersial.

JAKARTA - Penerbangan demo pesawat Sukhoi Superjet kemarin sebenarnya telah dipersiapkan dengan baik. Untuk menerbangkan pesawat yang dimuati calon-calon

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News