Diresmikan Hari ini, Disebar untuk 600 Keluarga Dulu

Diresmikan Hari ini, Disebar untuk 600 Keluarga Dulu
Diresmikan Hari ini, Disebar untuk 600 Keluarga Dulu

jpnn.com - JAKARTA – Dengan persiapan yang super minim, pemerintah akhirnya meluncurkan program jaminan sosial dalam bentuk kartu keluarga sejahtera (KKS), kartu Indonesia pintar (KIP), dan kartu Indonesia sehat (KIS) hari ini. Akhirnya diputuskan peresmian ini hanya dilakukan di wilayah DKI Jakarta saja.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kemendikbud Hamid Muhammad menuturkan, pada hari pertama peluncurkan itu akan disebar KKS untuk 600 kepala keluarga.

Kartu itu disebar dalam paketan yang juga berisi KIP dan KIS. ’’Untuk KIP-nya 235 anak yang menerimanya. Anak-anak itu ya dari keluarga penerima KKS,’’ kata Hamid kemarin.

Kamid menjelaskan pemerintah sudah menetapkan 18 kabupaten/kota untuk peluncuran tahap awal program KKS, KIP, dan KIS itu. Di luar wilayah Jakarta, peresmian program ini dilaksanakan menyusul hingga pertengahan November.  

Menurut beberpa informasi, program ini harus tuntas pada November karena terkait dengan rencana kenaikan harga BBM.

Untuk program KIP, Hamid mengatakan anggaran yang akan dikucurkan adalah untuk semester I tahun pelajaran 2014/2015. Karena program KIP ini pengganti program bantuan siswa miskin (BSM), Hamid menjelaskan sebagian penerima KIP adalah penerima BSM.

Dia menjelaskan sebagian penerima KIP hari ini bisa jadi sudah medapatkan pencairan bantuan. Sebab pencairan BSM untuk semester I tahun pelajaran 2014/2015 sudah diproses antara Agustus hingga September lalu.

Bagi anak yang belum mendapatkan pencairan BSM, maka bisa segera mendapatkannya dengan KIP. Sebaliknya bagi yang sudah mendapatkan BSM, maka akan mendapatkan lagi semester II tahun pelajaran 2014/2015.

JAKARTA – Dengan persiapan yang super minim, pemerintah akhirnya meluncurkan program jaminan sosial dalam bentuk kartu keluarga sejahtera (KKS),

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News