Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Pantau Pilkades Seluma dan Bangka Tengah, Begini Pesannya

Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Pantau Pilkades Seluma dan Bangka Tengah, Begini Pesannya
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) menggelar webinar untuk memantau pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Seluma, Bengkulu, dan Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Foto: Source for JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) menggelar webinar untuk memantau pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Seluma, Bengkulu, dan Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. 

Pemantauan itu dilakukan khususnya terkait penerapan protokol kesehatan sesuai Permendagri Nomor 72 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketua Atas Permendagri Nomor 112 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Desa. 

Selain itu, juga untuk memastikan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) per tempat pemungutan suara (TPS) sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 141/6698/SJ tanggal 10 Desember 2020 tentang Jumlah Pemilih di Tempat Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Desa Serentak di Era Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang berjumlah tidak lebih dari 500 DPT. 

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kemendagri Yusharto Huntoyongo berharap Pemerintah Kabupaten Seluma dan Pemkab Bangka Tengah tetap waspada dan tidak lengkap terhadap pandemi Covid-19, terutama di tengah kemunculan kasus Omicron BA.4 dan BA.5. 

“Memperkuat PPKM Mikro melalui pengoptimalan posko desa, tetap mendorong penerapan 5M, mendorong percepatan vaksinasi Covid-19, khususnya vaksin booster, dan tetap melakukan pemantauan kondisi penyebaran Covid-19 pascapelaksanaan pilkades serentak,” ujar Dirjen Bina Pemdes Kemendari Yusharto Huntoyongo dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (22/6). 

Seperti diketahui, pilkades serentak dilaksanakan di Kabupaten Seluma, Bengkulu, dengan jumlah desa pelaksana sebanyak 37 yang tersebar di 12 kecamatan. Kemudian, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, dengan jumlah desa pelaksana sebanyak 29 yang tersebar di 6 kecamatan. 

Pada perhelatan pilkades serentak di Seluma, sebanyak 106 calon kades terdiri dari 92 laki-laki dan 14 perempuan, berkompetisi memperebutkan kursi kepala desa. Jumlah DPT di Kabupaten Seluma sebanyak 23.029 orang yang tersebar di 65 TPS. 

Kemudian, pilkades serentak di Bangka Tengah diikuti oleh 114 calon yang terdiri dari 111 laki-laki dan tiga perempuan. Jumlah DPT di Bangka Tengah sebanyak 55.085 orang yang tersebar di 134 TPS.

Kemendagri melalui Ditjen Bina Pemdes memantau pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Seluma, Bengkulu, dan Kabupaten Bangka Tengah, Babel.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News