Dirjen Bina Pemdes Mendorong Seluruh Desa & Kelurahan Berkolaborasi

Dirjen Bina Pemdes Mendorong Seluruh Desa & Kelurahan Berkolaborasi
Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Eko Prasetyanto bersama peserta Temu Karya Nasional, di Hotel Discovery Ancol, Jakarta, Jumat (18/8). Foto: Humas Ditjen Bina Pemdes

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Bina Pemdes Kemendagri) Eko Prasetyanto Purnomo Putro mendorong semua desa dan kelurahan di Indonesia saling berkolaborasi.

Kolaborasi sangat penting untuk membuat desa dan kelurahan semakin maju, sehingga ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa juga akan meningkat.

Dirjen Bina Pemdes Eko Prasetyanto menyampaikan hal tersebut saat menjadi narasumber dalam acara Temu Karya Nasional, di Hotel Discovery Ancol, Jakarta, Jumat (18/8).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD), sebuah program kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Bank Dunia (World Bank).

"Bagi desa-desa yang maju, ayo, kita berkolaborasi. Bagikan keunggulan-keunggulan supaya dapat dicontoh dan ditiru oleh desa-desa lainnya," ujar Eko.

Lebih lanjut Eko Prasetyanto menjelaskan, banyak pihak yang bisa diajak berkolaborasi dengan desa maupun kelurahan. Salah satunya adalah pihak swasta dan media massa.

Namun, sayangnya, menurut Eko, sejauh ini masih banyak desa yang unggul masih enggan untuk membagikan informasi tentang cara-cara mereka mencapai keunggulan tersebut.

"Ini kelemahan. Masih banyak keunggulan-keunggulan yang tidak di-share. Harusnya keunggulan-keunggulan ini di-share. Maka, ayo bapak-bapak dan ibu-ibu berkolaborasi," kata Eko.

Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Eko Prasetyanto mendorong semua desa dan kelurahan di Indonesia saling berkolaborasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News