Dirjen Dikti Warning PTN

Terkait Pelaksanaan Seleksi Mandiri

Dirjen Dikti Warning PTN
Dirjen Dikti Warning PTN
JAKARTA - Seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) pada 2011 akan digelar pada 1-2 Juni depan. Terkait dengan pelaksanaan SNMPTN itu, Ditjen Dikti me-warning perguruan tinggi negeri (PTN) supaya tidak menggelar seleksi mandiri lebih dulu.

Hal itu disampaikan Dirjen Dikti Djoko Santoso setelah pelantikan pejabat eselon 4 di lingkungan Kemendiknas di Jakarta kemarin (11/1). Menurut Djoko, haram hukumnya bagi PTN menggelar seleksi masuk atau seleksi mandiri sebelum SNMPTN 2011. "Ini sudah jadi peraturan. Tidak boleh dilanggar," tegasnya.

Aturan pelaksanaan SNMPTN 2011 itu merujuk pada Peraturan Mendiknas (Permendiknas) Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang Diselenggarakan Pemerintah. Kebijakan ini ditempuh untuk mengantisipasi tingginya bangku kosong di PTN lewat jalur SNMPTN.

Djoko menerangkan, dalam aturan yang digodok pada 2010 dan dijalankan pada 2011, seluruh PTN di tanah air dilarang untuk menggelar ujian mandiri mendahului SNMPTN 2011. Mantan rektor ITB itu tidak memungkiri saat ini banyak PTN yang sudah merilis jadwal ujian masuk mandiri. Kenyataannya, jadwal ujian masuk mandiri yang dirilis tersebut mendahului pelaksanaan ujian SNMPTN 2011.

JAKARTA - Seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) pada 2011 akan digelar pada 1-2 Juni depan. Terkait dengan pelaksanaan SNMPTN itu,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News