Rabu, 17 Juli 2019 – 07:29 WIB

Disapu Air Bah, Lima Pengunjung Kinarum Tewas

Minggu, 12 September 2010 – 12:32 WIB
Disapu Air Bah, Lima Pengunjung Kinarum Tewas - JPNN.COM

Salah satu korban air bah di objek wisata Kinarum, Tabalong di Kalimantan Selatan. Foto : JPNN

TABALONG – Sedikitnya empat orang pengunjung objek wisata Kinarum di Kecamatan Upau, Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan, tewas disapu air bah, Sabtu (11/9), sekitar pukul 11.30 Wita. Sekretaris SAR Kabupaten Tabalong, Ahmad Madya saat dihubungi Radar Banjarmasin (grup JPNN) tadi malam,  mengatakan, keempat korban tewas tersebut di antaranya adalah Muryani dan Sri Prihatin warga Desa Palapi Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong, serta Risma dan Lutfi warga Desa Sulingan, Tanjung, Kabupaten Tabalong.

“Usia keempatnya antara 16 sampai 17 tahun.  Semuanya ditemukan dalam keadaan tenggelam dan tak bernyawa,” ujarnya.

Kebanyakan korban tewas, terang dia, mengalami luka seperti patah tangan, kaki dan kepala pecah akibat benturan keras dengan bebatuan di objek wisata tersebut.  Tak hanya korban tewas, puluhan pengunjung lainnya pun yang berhasil selamat, mengalami luka lecet.

Hingga kini, tim SAR Kabupaten Tabalong pihaknya masih melakukan pencarian.  Madya memprediksikan masih banyak pengunjung lainnya yang menjadi korban.  Sebab hingga tadi malam, paling tidak sudah ada lima keluarga yang melaporkan kehilangan anggota keluarga.

“Hari kedua setelah lebaran ini termasuk puncak kunjungan diobjek wisata Kinarum.  Kita prediksi jumlah pengunjung hari ini (sabtu,red) antara 400 hingga 500 orang,” tukasnya.

Korban tewas langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H Badaruddin, Tanjung.  Baru sekira pukul 15.00 Wita, jenazah korban langsung diserahkan kepada pihak keluarga.

Menurut Madya, peristiwa itu terjadi begitu cepat. Sebelum peristiwa naas terjadi, objek wisata Kinarum disesaki ratusan pengunjung. Tiba-tiba air bah datang dan menyapu pengunjung yang tengah menikmati indahnya wisata Kinarum di atas bebatuan, tepat di tengah aliran sungai.

“Korban meninggal kebanyakan yang sedang duduk di atas batu bagian tengah sungai Kinarum sebagian lainnya tengah mandi sehingga tidak sempat menyelamatkan diri,” cetusnya.

Sementara  pengunjung yang berada dipinggiran objek wisata itu kata dia, selamat, meski ada yang luka ringan karena terjatuh akibat berlarian menghindari air bah. Lokasi obyek wisata ini terletak di Desa Kinarum dan ditempuh dalam jarak 45 km dari ibukota Kabupaten Tabalong dan 6 km dari ibukota Kecamatan Upau.

Topografi wilayah di kawasan ini berbukit dan bergunung dengan panorama alamnya yang cukup indah dikelilingi hutan yang lebat. Jarak tempuh obyek wisata ini dari ibukota Propinsi Kalsel 330 km, dengan jalan aspal hotmix berada pada sisi lintas jurusan Kota Banjarmasin dan Kota Balikpapan.

Dihari libur lebaran, objek wisata Kinarum menjadi salah satu objek wisata favorit warga Tabalong.  Sebab jika hari libur seperti libur hari raya, jumlah pengunjung yang datang bisa mencapai seribu lebih pengunjung.  (bem/jpnn)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar