Disayangkan, Mayoritas Mahasiswa di Sumbar Ingin jadi PNS

Disayangkan, Mayoritas Mahasiswa di Sumbar Ingin jadi PNS
Disayangkan, Mayoritas Mahasiswa di Sumbar Ingin jadi PNS
JAKARTA - Mantan Menteri Perindustrian yang juga tokoh masyarakat Minang, Fahmi Idris mengungkapkan, sekitar 80 persen mahasiswa di Sumatera Barat (Sumbar), jika sudah lulus kuliah ingin jadi pegawai negeri sipil (PNS). Fahmi menganggap fakta itu patur dicermati karena selama ni kultur masyarakat Minang adalah menjadi pengusaha.

Mengutip hasil penelitian Universitas Andalas tahun 2005 lalu, Fahmi menyebut hanya 2 persen saja mahasiswa di Sumbar yang ingin jadi pengusaha. "Yang 18 persen itu lain-lain, sementara hanya 2 persen yang secara tegas menjawab ingin menjadi pengusaha," kata Fahmi dalam acara Peringatan 50 Tahun Keluarga Mahasiswa Minang Jakartaraya (KMM Jaya), di Jakarta, Minggu (24/2).

Fakta ini, lanjut Fahmi, sangat kontradiktif dengan kultur masyarakat Minang yang egaliter. Fahmi menegaskan, UNESCO sudah memperingatkan seluruh negara di dunia agar memperbanyak jumlah pengusaha muda karena pemerintahan di hampir semua negara tidak akan sanggup sendirian menyejahterakan rakyatnya.

Menurut Fahmi, saat ini Indonesia di peringkat 169 dalam hal human development index (HDI). Sementara Malaysia sudah di posisi 40. "Satu-satunya cara untuk memperbaiki peringkat tersebut adalah memperbanyak jumlah pengusaha muda dengan entrepreneurship yang memadai," ungkap Fahmi.

JAKARTA - Mantan Menteri Perindustrian yang juga tokoh masyarakat Minang, Fahmi Idris mengungkapkan, sekitar 80 persen mahasiswa di Sumatera Barat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News