Disiapkan Rp 2 Triliun untuk Beasiswa Dosen

Disiapkan Rp 2 Triliun untuk Beasiswa Dosen
Disiapkan Rp 2 Triliun untuk Beasiswa Dosen
JAKARTA -- Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), Djoko Santoso mengatakan, Kemendiknas telah  menyiapkan Rp 2 triliun yang dialokasikan untuk beasiswa dosen jenjang S3 ke dalam dan luar negeri.

"Tahun depan, kementerian berharap dengan uang triliunan itu maka akan ada 5.000 dosen yang menempuh pendidikan S3 dengan beasiswa di dalam dan luar negeri. Pada tahun ini sudah ada sekitar 4.000 dosen yang disekolahkan," jelas Djoko di Gedung Dikti Kemendiknas, Jakarta, Selasa (31/8).

Dijelaskan, angka 5.000 untuk beasiswa 2.500 dosen belajar di perguruan tinggi dalam negeri dan 1.500 dosen menempuh pendidikan di luar negeri. “Kami akan meningkatkan beasiswa dosen ke luar negeri pada tahun depan,” ujarnya.

Selain pemberian beasiswa S3 bagi para dosen, jelas Djoko, kementerian akan memberikan dana untuk membuat penelitian senilai Rp 400 miliar. Mantan Rektor Institut Teknologi Bandung ini menambahkan, walaupun jumlah penerima beasiswa ke luar negeri sedang digenjot namun ada kendala bahasa dimana banyak calon yang tidak menguasai bahasa inggris. “Syaratnya harus bisa bahasa inggris. Kalau itu tidak bisa bagaimana mau dites kualifikasi akademik,” ujarnya.

JAKARTA -- Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), Djoko Santoso mengatakan, Kemendiknas telah  menyiapkan Rp

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News