Ditemukan 3.166 Kesalahan Penulisan Jenis Kelamin di DPS

Ditemukan 3.166 Kesalahan Penulisan Jenis Kelamin di DPS
Ditemukan 3.166 Kesalahan Penulisan Jenis Kelamin di DPS

jpnn.com - JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menemukan ribuan kesalahan di dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) pemilu 2014. Temuan ini berdasarkan hasil audit DPS yang dikumpulkan dari 16 Bawaslu Provinsi.

Kesalahan-kesalahan tersebut antara lain pada penulisan nama, umur alamat, tempat lahir, tanggal lahir serta status pernikahan. Bahkan masih ditemukan juga kesalahan penulisan jenis kelamin.

"Terdapat 3.166 orang jenis kelaminnya tidak benar dalam DPS," ujar anggota Bawaslu Daniel Zuchron dalam konfrensi pers di kantor Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (21/8).

Sedangkan kesalahan terbanyak pada penulisan tanggal lahir dengan jumlah 20.287 temuan. Diikuti dengan kesalahan penulisan umur dengan jumlah 12.852 temuan.

Audit dilakukan di Sumbar, Riau, Jambi, Sumsel, Babel, Kepri, Jateng, DIY, Banten, Kalbar, Kalteng, Kalsel, Sulteng, Sultra, Gorontalo dan Sulbar. Total pemilih sejumlah 1.733.870 orang di 10.453 TPS.

"Persentase DPS dengan nama yang tidak benar tertinggi ada di Provinsi Kalteng dengan 4,55 persen. Kalteng juga tertinggi dalam penulisan tempat lahir dan jenis kelamin yang tidak benar," papar Daniel.

Bawaslu juga menemukan banyaknya pengurus parpol di tingkat kecamatan  yang belum menerima salinan DPS dari PPK. Bahkan di provinsi Sulawesi Barat persentasenya mencapai 94,03 persen, diikuti Riau dengan 74,83 persen.

"Secara umum rata-rata lebih dari 50 persen parpol tingkat kecamatan belum menerima salinan DPS," ucap Daniel lagi.

JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menemukan ribuan kesalahan di dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) pemilu 2014. Temuan ini berdasarkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News