Ditjen Bina Keuda Kemendagri Dorong Peningkatan Kinerja BUMD

Ditjen Bina Keuda Kemendagri Dorong Peningkatan Kinerja BUMD
Webinar Series Keuda Update Seri ke-32 di Hotel Horison, Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/3). Foto: Tim Kemendagri

jpnn.com - JAKARTA - Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri atau Ditjen Bina Keuda Kemendagri menggelar Webinar Series Keuda Update Seri ke-32 di Hotel Horison, Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/3).

Webinar kali ini bertajuk Sinergitas BUMD Aneka Usaha Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja BUMD.

Sebanyak 4.739 orang atau viewer hadir, dengan rincian 264 peserta melalui zoom, 3.084 peserta melalui YouTube dan 252 peserta melalui live view. Peserta yang hadir langsung di lokasi sebanyak 155 orang.

Dirjen Bina Keuda Kemendagri Agus Fatoni mengatakan BUMD mempunyai peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, termasuk dalam penanganan inflasi, menjaga stabilitas harga dan mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM).

"Kementerian Dalam Negeri mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan, yang telah bersama-sama memberikan kontribusi pemikiran dan tenaga guna mendorong pengelolaan BUMD sehingga telah membantu pertumbuhan ekonomi di daerah, termasuk dalam penanganan inflasi, menjaga stabilitas harga serta menstimulus UMKM," kata Fatoni.

Dia menjelaskan pertumbuhan perekonomian domestik di Indonesia pada 2022 terus meningkat pada kisaran 4,5-5,3% dan tetap kuat pada 2023.

Menurutnya kabar baik ini perlu disikapi secara optimistis untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam pembangunan di Indonesia.

Fatoni menilai, BUMD sebagai salah satu pelaku usaha yang dimiliki pemerintah daerah, harus mampu menjawab tantangan tersebut.

Kemendagri mengapresiasi seluruh pemangku kepentingan yang berkontribusi mendorong pengelolaan BUMD.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News