Ditjen Bina Pemdes Gelar Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kader ASN

Ditjen Bina Pemdes Gelar Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kader ASN
Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Eko Prasetyanto (ketiga dari kiri) di acara Peningkatan Kapasitas Kader Aparatur Negeri Sipil (ASN), di Malang, Rabu (5/4). Foto: Humas Ditjen Bina Pemdes

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Bina Pemdes Kemendagri) Eko Prasetyanto Purnomo Putro membuka secara resmi kegiatan ‘Peningkatan Kapasitas Kader Aparatur Negeri Sipil (ASN) di Lingkup Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Tahun Anggaran 2023’, di Balai Besar Pemerintahan Desa di Malang, Rabu (5/4).

Dirjen Bina Pemdes Eko Prasetyanto dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dengan harapan meningkatkan kapasitas kader ASN yang sesuai dengan regulasi tuntutan profesionalitas dalam sistem pengembangan sumber daya manusia.

“Ini adalah awal mula yang baik bagi lembaga maupun pribadi untuk mencapai target kapasitas ASN yang memenuhi kriteria, khususnya dalam penyampaian dan pembinaan ke desa-desa sehingga kegiatan peningkatan kapasitas kader profesional ASN sangat penting diselenggarakan,” tutur Eko.

Dijelaskan bahwa peningkatan kapasitas ASN Lingkup Ditjen Bina Pemdes adalah sebagai langkah peningkatan kapasitas individu personal untuk lebih profesional melaksanakan tugas dan fungsinya.

"Di sinilah arti penting seorang ASN profesional yang mampu menjadi pelopor, penggerak dan pembaharu," tambah Eko.

Eko mengatakan perubahan di segala lini begitu cepat, maka yang diperlukan adalah bagaimana ASN bukan hanya mengantisipasi keadaan, akan tetapi kecepatan dan ketepatan menentukan langkah inovatif yang berdaya guna.

"Ditjen Bina Pemdes sebagai bagian dari Kementerian Dalam Negeri perlu meningkatkan kapasitas kader ASN dalam mendukung program penyelenggaraan pemerintahan desa," kata Eko.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kepala Balai Besar Pemerintahan Desa di Malang Moh Zain Afif juga mengatakan peningkatan kapasitas ini menjadi perhatian di lingkup Ditjen Bina Pemdes.

Ditjen Bina Pemdes Kemendagri menggelar kegiatan peningkatan kapasitas kader ASN selama tiga hari di Malang. Simak penjelasan Eko Prasetyanto.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News