Djarot Ingin Kebut Revitalisasi Penataan Wilayah Kumuh Padat Penduduk

Djarot Ingin Kebut Revitalisasi Penataan Wilayah Kumuh Padat Penduduk
Djarot Ingin Kebut Revitalisasi Penataan Wilayah Kumuh Padat Penduduk

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menyatakan bahwa pemerintah daerah di ibu kota negara itu sudah seharusnya melakukan revitalisasi kawasan kumuh dan padat penduduk. Pasalnya, kawasan seperti itu sangat rawan kebakaran.

Djarot mencontohkan hal itu setelah ‎melihat peristiwa kebakaran besar yang menghanguskan 309 rumah di 13 RT di wilayah Sawah Besar, Jakarta Pusat. "Kita harus merevitalisasi kawasan-kawasan seperti itu. Kawasan yang kumuh serta padat penduduk sangat banyak dan itu sangat rawan kebakaran," kata Djarot di sela-sela blusukannya ke lokasi kebakaran di Jalan Lautze Raya, Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta, Selasa (24/2).

‎Djarot menyebut kebakaran yang terjadi di Jalan Lautze itu sangat hebat. Hal ini dikarenakan rumah-rumah warga yang berdempetan membuat api dengan cepat membakar pemukiman.

‎"Persoalannya di sini, rumah warga selalu padat. Sebetulnya, banyak lahan di kampung sini yang digunakan para pendatang," ujar Djarot.

Djarot menambahkan, salah satu alternatif penataan kampung di Jalan Lautze Raya adalah membangun kampung deret bagi warga setempat. Dengan penataan melalui konsep kampung deret, paling tidak jalan  tidak akan sempit dan kawasan takkan kumuh lagi.

“Kita akan pikirkan entah mau bikin kampung deret atau kita pindahkan ke rusunawa atau nanti dijadikan ruang terbuka hijau, banyak kemungkinannya. Makanya butuh pemikiran, pemahaman dan program yang jelas,” tandasnya.(gil/jpnn)


JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menyatakan bahwa pemerintah daerah di ibu kota negara itu sudah seharusnya melakukan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News