Selasa, 16 Juli 2019 – 01:05 WIB

Djarum Foundation Tak Sekadar Bagi-Bagi Beasiswa

Senin, 19 Maret 2018 – 16:14 WIB
Djarum Foundation Tak Sekadar Bagi-Bagi Beasiswa - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA - Kegiatan bagi-bagi beasiswa yang rutin dilakukan Bakti Pendidikan Djarum Foundation kembali digelar. Lebih dari 500 mahasiswa dari 91 perguruan tinggi di Indonesia terpilih menjadi angkatan 2017/2018.

Seperti biasa, beasiswa yang diberikan tidak sekadar bantuan uang pendidikan semata, namun dibekali dengan beragam program. Di antaranya program Leadership Development yang diisi oleh tiga praktisi, yakni effective written communication oleh penulis Margareta Astaman. Jurnalis televisi Riko Anggara yang membawakan effective oral communication. Dan motivating others serta what leaders do yang dibawakan oleh James Gwee.

"Djarum Foundation percaya, untuk mencetak manusia Indonesia yang tangguh dan berwawasan tinggi, tidak hanya dari aspek intelektual saja. Mereka memerlukan pembekalan soft skills yang akan melatihnya menjadi sosok yang cakap secara emosional," kata Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation Laksmi C Lestari.

Tak hanya itu, ada juga materi articulating vision yang melatih Beswan Djarum menjadi sosok pemimpin dengan visi kuat. Dimulai dengan membangun pemahaman bahwa visi adalah deskripsi tentang perubahan masa depan dengan tujuan akhir yang ingin dicapai di mesa depan. Visi yang baik itu bisa dibayangkan oleh orang lain, bernilai luhur, mudah dimengerti, berdimensi waktu, dan tentunya bernilai luar biasa. 

"Kami juga memberi materi lain seperti emotional intelligence. Tujuannya, melatih mahasiwa memiliki kesadaran diri, mengelola emosi sendiri, memiliki empati dan kecakapan sosial dalam merespons situasi di luar dirinya dengan tepat," ujar perempuan yang akrab disapa Amy itu.

Pemateri articulating vision Vivi Adeliana menambahkan, menjadi seorang pemimpin memiliki tanggung jawab yang besar. Pemimpin harus mampu mengubah kehidupan pengikutnya atau warganya menjadi lebih baik.

Sementara itu, pemateri motivating others James Gwee menekankan pada Beswan Djarum untuk mempunyai tekad berkembang. Kepemimpinan, kata dia, tidak hanya dilihat dari hasil, tapi juga dari proses di mana tingkah laku dari sosok pemimpin tersebut. 

Puncak dari pembekalan Beswan Djarum adalah Nation Building di bulan September 2018. Pembekalan ini berisi soft skills penguatan wawasan Beswan Djarum akan makna hakekat bangsa dan kebangsaan guna mengokohkan keutuhan Indonesia. Ini dilakukan melalui serangkaian kegiatan seperti diskusi kebangsaan dan kunjungan ke beberapa tempat di Kudus, Jawa Tengah. 

Bakti Pendidikan Djarum Foundation juga akan mulai membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk bergabung sebagai Beswan Djarum angkatan 2018/2019. Pendaftaran akan dilakukan secara online. (JPNN/pda)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar