Djarum Kuasai Mayoritas Saham BCA

Djarum Kuasai Mayoritas Saham BCA
Djarum Kuasai Mayoritas Saham BCA
JAKARTA - Pemilik Grup Djarum, R Budi Hartono dan Michael Hartono, kini menguasai saham di PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) setelah membeli saham bank dengan nasabah terbanyak itu senilai Rp 3,45 triliun. Dana Rp 3,45 triliun itu setara untuk dengan 515 juta lembar saham BCA atau sekitar 3,09 persen di harga Rp 6.700 per lembar saham.

Dengan adanya transaksi tersebut, maka Grup Djarum menguasai 50,24 saham di bank swasta tersebut. "Pembelian saham itu dilakukan oleh dua anak usahanya, Tricipta Mandhala Gumilang dan Caturguwiratna Sumapala melalui Credit Suisse dari UBS Securities," kata salah seorang sumber yang mengetahui transaksi itu.

Dua anak usaha tersebut adalah pemegang saham pengendali dari PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR). Sebelumnya, Grup Jarum juga sudah meraup dana sebanyak Rp 4,763 triliun dari penjualan saham TOWR. Dana yang didapat setelah menjual saham TOWR itu ternyata digunakan untuk membeli sebagian saham di BCA. "Dengan adanya transaksi ini maka secara keseluruhan grup Djarum memiliki sekitar 50,24 persen berdasarkan  outstanding shares BCA," katanya.

Sebelumnya, Credit Suisse memfasilitasi transaksi tutup sendiri atau crossing saham BCA sebanyak 1,03 juta lot saham atau setara 515 juta lembar saham. Nilai transaksinya sebanyak Rp 3,45 triliun. Saham BCA pada penutupan sesi I, perdagangan kemarin tercatat naik Rp 100 menjadi Rp 6.700.

JAKARTA - Pemilik Grup Djarum, R Budi Hartono dan Michael Hartono, kini menguasai saham di PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) setelah membeli saham

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News