JPNN.com

DKI Galakkan Kampanye Plastik Ramah Lingkungan

Kamis, 19 Mei 2011 – 00:51 WIB
DKI Galakkan Kampanye Plastik Ramah Lingkungan - JPNN.com
DKI Galakkan Kampanye Plastik Ramah Lingkungan
PEMDA DKI terus menggalakkan penggunaan kantong plastik dan kemasan plastik ramah lingkungan. Melalui kampanye sepanjang tahun 2010, sebanyak 40 retailer telah menggunakan plastik ramah lingkungan. Pada tahun 2011 ditargetkan meningkat 100 persen, yakni mencapai 80 retailer.

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Eko Bharuna mengatakan, Undang Undang Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah mengamanatkan setiap produsen mencantumkan label yang berhubungan dengan pengurangan dan penanganan sampah pada kemasan produknya. Selain itu, produsen berkewajiban mengelola kemasan dan atau barang hasil produksi yang mudah terurai oleh proses alam.

Selama ini, penggunaan kantong plastik yang tida ramah lingkungan masih relatif tinggi. Untuk mendukung penggunaan plastik ramah lingkungan, Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dengan Indonesia Solid Waste Asosiation (Inswa). Selain menggiatkan kampanye, juga memberikan penghargaan kepada perusahaan retail maupun produsen yang telah menggunakan plastik ramah lingkungan.

Penghargaan tersebut diberikan setiap perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta yang jatuh pada tanggal 22 Juni. “Rencananya Juni tahun ini, saat perayaan HUT DKI Jakarta, akan ada pemberian penghargaan kepada retailer, seperti supermarket, minimarket dan hipermarket yang sudah memakai plastik ramah lingkungan,” ujar Eko, kemarin (18/5).

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ara