DKI Jakarta Juara Umum Lomba Kompetensi Siswa 2018

DKI Jakarta Juara Umum Lomba Kompetensi Siswa 2018
Dirjen Dikdasmen (keempat dari kiri) usai menyerahkan piala juara umum LKS 2018. Foto: Humas Kemendikbud.

jpnn.com, MATARAM - Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta menjadi juara umum dalam LKS (Lomba Kompetensi Siswa) 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Provinsi Jawa Tengah yang menjadi juara umum tahun lalu harus rela menyerahkan piala bergilir dan bergengsi di dunia pendidikan kejuruan itu kepada Provinsi DKI Jakarta.

“Selamat kepada para pemenang dan juara umum LKS 2018. Para juara terbaik tahun ini akan dipersiapkan untuk mengikuti World Skill Competition tahun depan di Rusia,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Hamid Muhammad saat memberikan sambutan pada acara Penutupan LKS 2018 di Lombok City Center, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), kemarin (11/5).

Menurut Hamid, kegiatan LKS ini merupakan pencapaian tertinggi tingkat nasional bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di masing-masing bidang keahliannya.

Dalam LKS tahun ini terdapat 56 bidang keahlian yang dilombakan. Ajang bergengsi tahunan ini diikuti oleh 1.077 peserta lomba yang merupakan perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia. Lomba ini juga merupakan salah satu bentuk perhatian besar dari pemerintah terhadap pendidikan kejuruan/vokasi di Indonesia.

Dirjen Hamid mengimbau kepada para juara yang akan mewakili Indonesia pada _World Skill Competition_ (WSC) nanti agar menyiapkan diri dan meningkatkan kompetensinya mulai sekarang. Indonesia berada pada peringkat 12 dari 88 negara peserta WSC pada 2017 lalu.

“Target tahun depan pada WSC adalah mendapatkan medali sebanyak-banyaknya dan meningkatkan peringkat Indonesia di ajang itu,” tutur Hamid.

Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud M. Bakrun menambahkan, secara umum para juri LKS 2018 menilai ada peningkatan kompetensi peserta yang signifikan pada LKS tahun ini. Tak hanya itu, berbagai dunia usaha dan dunia industri pun turut memberikan hadiah tambahan serta beasiswa bagi para juara dalam lomba itu.

DKI Jakarta menyabet gekar juara umum LKS 2018 (Lomba Kompetensi Siswa 2018) yang digelar kemendikbud.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News