DKI Segera Keruk Sungai Maret 2012

DKI Segera Keruk Sungai Maret 2012
DKI Segera Keruk Sungai Maret 2012
PROGRAM pengerukan sungai atau Jakarta Emergency Dredging Initiative (JEDI) melalui pinjaman Bank Dunia akan dilaksanakan Maret 2012. Dalam pengerukan sungai tersebut akan dilakukan kerja sama antara Pemerintah Pusat dan Pemprov DKI Jakarta untuk membuat saluran sodetan dari 13 sungai ke suatu waduk sehingga dapat dijadikan sebagai parkir air dan digunakan sebagai air baku untuk pengolahan air bersih di Jakarta.

Dari 13 sungai yang akan dikeruk yang menjadi tanggung jawab DKI hanya pengerukan terhadap 10 sungai, satu kanal, dan empat waduk. Ke-10 sungai yang akan dikeruk itu yakni, Sungai Grogol, Sungai Sekretaris, Sungai Krukut, Sungai Cideng, Sungai Pakin, Sungai Kali Besar, Sungai Ciliwung, Sungai Gunung Sahari, Sungai Sentiong dan Sungai Sunter.

Ada pun empat waduk yang akan dikeruk yaitu, Waduk Melati, Waduk Sunter Utara, Waduk Sunter Selatan dan Waduk Sunter Timur II. Sementara kanal yang akan dikeruk adalah Kanal Banjir Barat (KBB).

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mengatakan dalam revisi dua peraturan pemerintah (PP) telah disepakati untuk mendapatkan pinjaman dari Bank Dunia sebesar USD 150,5 juta atau setara dengan Rp 1,35 triliun tidak memerlukan lagi Surat Keputusan Menteri Keuangan (SK Menkeu).

PROGRAM pengerukan sungai atau Jakarta Emergency Dredging Initiative (JEDI) melalui pinjaman Bank Dunia akan dilaksanakan Maret 2012. Dalam pengerukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News