DKPP Siap Buka-Bukaan Soal Kinerja ke Publik

DKPP Siap Buka-Bukaan Soal Kinerja ke Publik
DKPP

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akan menyampaikan laporan kinerjanya besok, Selasa (19/12) Pukul 13.00 WIB.

Menurut Anggota DKPP Alfitra Salamm, kegiatan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan akuntabilitas dan transparansi lembaganya terhadap publik.

DKPP telah menerima pengaduan dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu dalam setahun terakhir dan telah memeriksa dugaan pelanggaran kode etik di persidangan.

“Ini pertanggungjawaban institusi, sekaligus dalam upaya melembagakan kode etik penyelenggara pemilu,” ujar Alfitra di Jakarta, Senin (18/12).

DKPP kata Alfitra, nantinya juga akan menyampaikan laporan upaya pencegahan pelanggaran kode etik yang telah dilaksanakan. Yaitu melalui sosialisasi baik terhadap penyelenggara pemilu maupun terhadap masyarakat di daerah.

Diharapkan dengan upaya sosialisasi pelanggaran kode etik semakin berkurang, karena masyarakat khususnya penyelenggara pemilu memedomani kode etik penyelenggara Pemilu.

“Pencegahan harus lebih diprioritaskan daripada menunggu laporan-laporan dari masyarakat, sehingga acuan keberhasilan DKPP bukan lagi jumlah pengaduan dan banyaknya sidang,melainkan sedikitnya pengaduan ke DKPP dan penyelenggara Pemilu paham terhadap kode etik,” pungkas Alfitra.(gir/jpnn)


Berita Selanjutnya:
KPU Bakal Dilaporkan ke DKPP

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akan menyampaikan laporan kinerjanya kepada publik


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News