Dobel Bujet, 560 Anggota Dewan Dapat Pulsa Rp 151 Miliar

Masuk di Anggaran Reses dan Bulanan

Dobel Bujet, 560 Anggota Dewan Dapat Pulsa Rp 151 Miliar
Dobel Bujet, 560 Anggota Dewan Dapat Pulsa Rp 151 Miliar
JAKARTA - Penyusunan anggaran belanja anggota dewan, menemukan dugaan penyimpangan dengan nilai miliaran rupiah. Meski sudah bergaji tinggi, anggota DPR RI ternyata masih mendapat suplai dana untuk pengisian pulsa. Sekretaris Nasional (Seknas) Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) menemukan anggaran Rp 151 miliar untuk pengisian pulsa telepon seluler anggota dewan.

"Dana sebesar itu dobel bujet, karena dimasukkan di anggaran terpisah," kata Uchok Sky Khadafi, Koordinator Investigasi dan Advokasi FITRA di Jakarta, kemarin (11/5).

Uchok menjelaskan, dana total Rp 151 miliar itu terbagi di anggaran untuk reses dan anggaran bulanan bagi anggota dewan. Di dana reses untuk anggaran 2011, satu anggota DPR RI pada tahun anggaran 2011 mendapatkan dana Rp 340 juta. Dana itu digunakan untuk lima kali reses anggota dewan, atau satu satu tahun periode sidang.

Di anggaran reses itu, masih ada 'bonus' yang diberikan anggota DPR. Menurut Uchok, untuk lima kali reses, anggota DPR mendapatkan anggaran komunikasi atau isi pulsa ponsel pribadi sebesar Rp 102 juta. Itu berarti, rata-rata sekitar Rp 20 juta didapatkan anggota DPR untuk sekali masa reses. "Jumlah itu hanya diberikan saat reses saja," ujarnya menegaskan.

JAKARTA - Penyusunan anggaran belanja anggota dewan, menemukan dugaan penyimpangan dengan nilai miliaran rupiah. Meski sudah bergaji tinggi, anggota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News