Dokter Spesialis Gizi Berikan Tips agar Nafsu Makan Terkendali di Momen Idulfitri

Dokter Spesialis Gizi Berikan Tips agar Nafsu Makan Terkendali di Momen Idulfitri
Para pembicara dalam webinar kesehatan #GoodKnowledgeGoodHealth yang ke-6. Foto tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Dokter spesialis gizi dr. Vikie Nouvrisia Anandaputri, M.Gizi, Sp.GK., mengatakan bulan Ramadan bisa menjadi cara untuk kembali berkomitmen menjalani gaya hidup sehat dan seimbang.

Saat berpuasa, setiap individu diajari memiliki kesadaran untuk mengendalikan diri secara menyeluruh, baik dengan cara mengatur kebiasaan makan hingga mengatur emosi.

"Ini mengapa puasa bermanfaat langsung untuk kesehatan fisik dan mental," kata dokter Vikie dalam webinar kesehatan #GoodKnowledgeGoodHealth yang ke-6, baru-baru ini.

Beberapa penelitian, sambung dr. Vikie, menjabarkan bagaimana puasa yang dilakukan secara rutin bisa mengontrol kadar gula darah sehingga menekan risiko terjadinya resistensi insulin. Tak hanya itu, puasa secara rutin juga memberikan waktu istirahat untuk sistem pencernaan.

Pada saat berpuasa juga terjadi pembakaran kalori, bahkan penurunan massa lemak sehingga dengan berpuasa dapat mencegah obesitas. Alhasil, metabolisme tubuh jadi lebih efisien untuk membakar kalori dalam tubuh.

“Jangan menikmati manfaat kesehatan ini hanya di bulan Ramadan, tetapi lakukan juga secara konsisten setelahnya,” dr. Vikie mengingatkan.

Khusus di momen hari raya Idulfitri dr. Vikie pun memberikan tips agar tetap mampu mengendalikan diri, yaitu:

1. Makanlah sesuai jam makan, kebiasaan ini akan mengontrol asupan kalori. Tetaplah makan sesuai jam makan besar tiga kali, yaitu sarapan, makan siang dan makan malam.

Dokter spesialis gizi memberikan tips agar nafsu makan tetap terkendali saat momen Idulfitri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News