Dorong Ekonomi Sirkular, Bank Sampah Digital Raih Penghargaan KLHK

Dorong Ekonomi Sirkular, Bank Sampah Digital Raih Penghargaan KLHK
Menteri KLHK Siti Nurbaya menyampaikan KLHK terus mendorong implementasi ekonomi sirkular dalam pengelolaan sampah di Indonesia. Foto dok. Bank Sampah Digital-IKPP Serang

jpnn.com, JAKARTA - Bank Sampah Digital, mitra PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IKPP) Serang meraih penghargaan di Festival Peduli Sampah Nasional (FPSN) 2023.

Mitra dari unit usaha APP Sinar Mas itu didaulat sebagai Bank Sampah Induk (BSI) terbaik 4.

Festival ini diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023.

Menteri KLHK Siti Nurbaya mengatakan FPSN 2023 merupakan bagian dari upaya KLHK untuk mendorong implementasi ekonomi sirkular dalam pengelolaan sampah di Indonesia.

Melalui festival ini, KLHK berharap dapat mempromosikan pengembangan pengelolaan sampah yang inovatif dan terintegrasi dari hulu ke hilir sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi.

Berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) pengelolaan bank sampah di Indonesia telah mencapai 25.540 unit.

"Gairah untuk memilah sampah di rumah harus diiringi dengan penyiapan fasilitas pengumpulan terpilah, dan sebagai tempat untuk offtaker membeli sampah bersih dan terpilah sebagai bahan baku daur ulang," terang Menteri Siti dalam sambutannya.

Oleh karena itu, ujarnya, pemerintah pusat dan daerah harus mendorong bank sampah untuk lebih profesional dalam segi manajemen karena terkait dengan ekonomi sirkular.

Mendorong ekonomi sirkular sekaligus pengelolaan sampah, Bank Sampah Digital raih penghargaan KLHK

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News