Dorong Kerjasama Dagang dengan Peru

Dorong Kerjasama Dagang dengan Peru
Dorong Kerjasama Dagang dengan Peru
JAKARTA - Indonesia mendorong kerjasama perdagangan dengan Peru. Itu ditunjang dengan perbedaan komoditas unggulan antara kedua negara, sehingga bisa saling melengkapi.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menyebut Peru sebagai mitra dagang potensial. Karena itu, pihaknya ingin memperluas kerjasama di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi dengan Peru. Yakni dengan membentuk nota kesepahaman tentang promosi perdagangan dan investasi. "Kedua negara bisa saling melengkapi," ucapnya pekan lalu.

Dia memandang Peru sebagai negara potensial berdasar GDP sebesar USD 275,7 miliar. Ke depan ada potensi untuk meningkatkan total perdagangan antara kedua negara. 2011 lalu tercatat, total perdagangan Indonesia dan Peru sebesar USD 213,4 juta.

Angka itu naik 69,83 persen dibandingkan tahun sebelumnya USD 125,6 juta. Ekspor Indonesia ke Peru naik 71,99 persen menjadi USD 162 juta pada 2011. Sedangkan, impor Indonesia dari Peru naik 63,36 persen dengan realisasi USD 51,4 juta. Dengan demikian, surplus bagi Indonesia sebesar USD 110,6 juta.

JAKARTA - Indonesia mendorong kerjasama perdagangan dengan Peru. Itu ditunjang dengan perbedaan komoditas unggulan antara kedua negara, sehingga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News