Dorong Publikasi Internasional, Kemendikbud Perkuat World Class Professor

Dorong Publikasi Internasional, Kemendikbud Perkuat World Class Professor
Dirjen SDID Ali Ghufron Mukti saat menyerahkan sertifikat kepada peserta seminar WCP. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemendikbud Ali Ghufron Mukti mengatakan, kolaborasi menjadi salah satu solusi meningkatkan kualitas publikasi internasional. Hal ini diwujudkan melalui Program World Class Professor (WCP) yang digagas sejak 2017 lalu.

Sementara dari regulasi, pemerintah telah menerbitkan Permenristekdikti Nomor 20 Tahun 2017 Tentang Pemberian Tunjangan Profesi Dosen dan Tunjangan Kehormatan Profesor.

“Melalui program WCP, kami ingin memperkuat kolaborasi dan jejaring antara dosen dalam negeri dengan profesor kelas dunia dengan konsep sharing resources. Profesor kelas dunia ini tidak hanya orang asing, tetapi sebagian merupakan ilmuwan diaspora Indonesia yang memiliki karier gemilang di perguruan tinggi luar negeri. Tahun ini, ada 84 penerima Program WCP dari 25 perguruan tinggi di berbagai daerah, yang kemudian menghasilkan 120 joint publications,” tutur Dirjen Ghufron dalam pembukaan Annual Seminar World Class Professor, Senin (2/12).

Output dari program WCP adalah menghasilkan manuskrip joint publication di jurnal internasional bereputasi Q-1 Scimago untuk Skema A dan menghasilkan joint publication di jurnal internasional bereputasi Q-2 untuk Skema B.

Program WCP juga bertujuan meningkatkan kompetensi dosen Indonesia dalam produktivitas riset serta mendorong perguruan tinggi di Tanah Air masuk ranking 500 besar dunia.

Dirjen Ghufron menjelaskan, di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0 saat ini, menjadi kompetitif itu penting, tetapi dengan kolaborasi akan lebih menghasilkan sesuatu yang lebih memiliki nilai dan makna.

Seperti halnya dalam menghasilkan publikasi internasional, Dirjen Ghufron menilai, Program WCP ini menjadi suatu arena kerja sama untuk saling memberikan inspirasi yang nantinya berujung pada ide-ide baru (inovasi).

“Jadi kalau ditanya hasil dari banyaknya publikasi itu apa, jawabannya adalah isi dari publikasi itu sendiri. Karena isi dari publikasi tersebut bersifat kebaruan dan menghasilkan inovasi. Sedangkan suatu bangsa tidak bisa maju kalau tidak inovatif,” tuturnya.

Program World Class Professor Kemendikbud untuk meningkatkan kompetensi dosen Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News