Dosa Masa Lalu Rusak Hubungan Jepang - Korsel

Dosa Masa Lalu Rusak Hubungan Jepang - Korsel
PM Jepang Shinzo Abe dan Presiden Korsel Moon Jae-in di Hamburg pada 2017. Kini kedua negara terlibat perang dagang. Foto: Hani.co.kr

jpnn.com, TOKYO - Dosa-dosa Jepang pada masa Perang Dunia II masih menghantui Negeri Sakura itu sampai sekarang. Isu tersebut terus menghalangi Jepang menjalin hubungan lebih mesra dengan tetangga terdekatnya, Korea Selatan.

Terbaru, Korsel mengakhiri kerja sama intelijen dengan Jepang karena urusan kompensasi bagi korban kerja paksa Perang Dunia II.

BACA JUGA: Kaisar Naruhito Minta Maaf Atas Dosa Jepang di Perang Dunia II

Tahun lalu Mahkamah Agung Korea Selatan memerintahkan perusahaan-perusahaan Jepang untuk memberi ganti rugi kepada warga Korsel mengalami kerja paksa.

Jepang mengecam keputusan tersebut dengan mengatakan bahwa masalah itu telah diselesaikan melalui perjanjian 1965 soal normalisasi hubungan.

PM Jepang Shinzo Abe pun meminta Korsel untuk menghormati semua kesepakatan antara kedua negara dan berupaya bersama-sama membangun lagi kepercayaan. (ant/dil/jpnn)


Dosa-dosa Jepang pada masa Perang Dunia II masih menghantui Negeri Sakura itu sampai sekarang. Isu tersebut terus menghalangi Jepang menjalin hubungan lebih mesra dengan Korsel


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News