Dosen ATVI Suradi Berikan Pelatihan Jurnalistik di SMA Plus PGRI Cibinong

Dosen ATVI Suradi Berikan Pelatihan Jurnalistik di SMA Plus PGRI Cibinong
Dosen Akademi Televisi Indonesia (ATVI) Suradi, M.Si berfoto bersama para siswa di SMA Plus PGRI Cibinong, Bogor, seusai memberikan pelatihan jurnalistik, akhir pekan ini. Foto: Dok. Humas ATVI

jpnn.com, JAKARTA - Dosen Akademi Televisi Indonesia (ATVI) Suradi, M.Si memberikan pelatihan jurnalistik kepada para siswa di SMA Plus PGRI Cibinong, Bogor, akhir pekan ini.

Menurut Suradi, perkembangan teknologi informasi yang ditandai makin tingginya pengaruh artifisial intelijen (AI) menjadi tantangan tersendiri sekaligus peluang bagi jurnalis dalam menjalankan tugas dan profesinya mengabarkan informasi dan berita secara lengkap dan akurat.

Oleh karena itu, berita harus ramah pembaca dalam arti, tetap memberikan informasi terkini yang akurat, valid, dan mencerahkan.

“Kuasai teknologi informasi dan melakukan transformasi menyeluruh di semua lini, termasuk penggunaan AI atau kecerdasan buatan. Jika ini tidak dilakukan, jurnalis akan mengalami kesulitan dan kalah bersaing dengan yang lain,” ujar Suradi.

Acara ini juga sekaligus mengenalkan kampus ATVI kepada siswa untuk masuk dalam industri media digital yang sangat dinamis.

Menurut Suradi yang juga praktisi media dan telah 30 tahun bekerja sebagai jurnalis ini, perkembangan teknologi informasi ditambah makin tingginya kebutuhan AI,  pola kerja berubah, sikap, dan  kecepatan serta ketepatan dalam menyempaikan berita.

“Belum lagi pesaing jurnalis adalah media sosial yang berlomba mengabarkan berbagai informasi dan peristiwa. Jurnalis kini bersaing ketat dengan media sosial. Jurnalis harus menjadikan medsosn sumber berita alternatif, minimal membaca situasi perkembangan di masyarakat untuk ditindaklanjuti dalam reportase,” kata Suradi.

Pelatihan yang dikemas dalam kegiatan bernama “Studentday Jurnalistik” sebanyak 45 siswa-siswi Kelas X-XI  SMA Plus PGRI Cibinong mengikuti dengan serius dan aktif dalam sesi diskusi pelatihan bertema “Tantangan Pers Era Smart Society 5.0  Profesi Jurnalis  di Era Smart Society 5.0 dan Literasi Media Digital Media Massa Tantangan Pers, Khususnya Jurnalis”.

Dosen Akademi Televisi Indonesia (ATVI) Suradi, M.Si memberikan pelatihan jurnalistik kepada para siswa di SMA Plus PGRI Cibinong, Bogor, akhir pekan ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News