DPD Berharap Ulos Jadi Warisan Budaya Indonesia

DPD Berharap Ulos Jadi Warisan Budaya Indonesia
Festival Ulos. Foto: dok. DPD RI

jpnn.com, SIMALUNGUN - Wakil Ketua DPD RI Darmayanti Lubis menghadiri pembukaan Festival Ulos sehubungan dengan Perayaan Hari Ulos 2017.

Kedatangannya di sambut Bupati Simalungun JR Saragih, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Simalungun Pahala RB Sinaga dan Ketua Yayasan Pemberdayaan Perempuan Indonesia (YPPI) Enni Martalena Pasaribu.

Dalam kesempatan tersebut, Darmayanti yang merupakan senator asal Sumatera Utara mengatakan ulos memiliki sejarah panjang yang sangat penting bagi masyarakat Batak.

Ulos memiliki 19 jenis dengan arti dan fungsinya masing-masing.

"Ulos merupakan benda sakral dan simbol restu, kasih sayang dan persatuan," tuturnya saat memberi sambutan Festival Pembukaan Perayaan Hari Ulos di Simalungun Medan, Sabtu (14/10).

Menurutnya, festival ini adalah tantangan bagi budaya Batak untuk mengubah cara pandang tentang ulos.

Anak muda diharapkan bisa menghargai ulos sebagaimana para orang tua yang sejak lama merasakan berharganya nilai ulos dalam sistem kekerabatan atau peradatan suku Batak.

"Akankah anak-anak kita memandang ulos seperti memandang 'kain pada umumnya', maka ulos haruslah dilestarikan dan diturunkan ke generasi kita sekarang dan seterusnya jangan sampai punah," ucapnya.

Ulos memiliki 19 jenis dengan arti dan fungsinya masing-masin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News