DPD Merasa Kian Setara dengan DPR

DPD Merasa Kian Setara dengan DPR
DPD Merasa Kian Setara dengan DPR
JAKARTA - Peran Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dalam pembahasan sebuah rancangan undang-undang (RUU) di DPR saat ini semakin meningkat. Sebab, peran DPD tak hanya sebatas mengusulkan RUU tetapi juga membahasnya bersama-sama DPR dan pemerintah agar menjadi sebuah UU.

Pelaksana tugas (plt) Sekjen DPD, Djamhur Hidayat mengatakan, intensifnya komunikasi antara DPD dan DPR membuat peran kedua lembaga tinggi negara itu semakin sejajar. “Jadi, DPD bukan sebatas mengusulkan RUU saja, tapi sudah ikut membahas bersama DPR dan juga Pemerintah,” kata Djamhur di sela-sela acara “Dialog Kenegaraan” di gedung DPD, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (6/3).

Menurutnya, dengan makin besarnya peran DPD dalam proses legislasi berarti sistem bikamerald di Indonesia mendekati format ideal. Begitu juga dalam hal pengawasan pelaksanaan UU, DPD sudah dilibatkan dan mendapat peran yang besar.

“Karena itu, kita di kesekjenan akan mendukung penuh kinerja para anggota DPD dalam mempersiapkan berbagai RUU yang terkait dengan kepentingan rakyat, khususnya di daerah,” kata Djamhur.

JAKARTA - Peran Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dalam pembahasan sebuah rancangan undang-undang (RUU) di DPR saat ini semakin meningkat. Sebab, peran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News