DPD Tuntut Pemerintah Kembangkan Daerah Pesisir

DPD Tuntut Pemerintah Kembangkan Daerah Pesisir
Ketua DPD RI Irman Gusman. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - SIBOLGA – Tidak hanya janji politis, DPD RI terus memperjungkan gagasan percepatan pembangunan di daerah seperti digagas Presiden Jokowi sebagai pengembangan wilayah pesisir Indonesia.

Komitmen DPD itu dibuktikan denga kehadiran Ketua DPD RI, Irman Gusman yang menijau langsung daerah pesisir di Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara, Minggu (20/12).

DPD RI mendorong percepatan pembagunan tiga kawasan terpadu di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah yaitu perluasan Bandara Dr. Ferdinan Sihombing menjadi bandara internasional, pengembagan  Pelabuhan Perikanan Nusantara Sibolga dan pembanguan waduk Singkakurak Tapanuli Tengah.

Irman mengharapkan pemerintah pusat tidak berpikir konvensional dalam mengembagan wilayah pesisir Indonesia dengan menunggu adanya pasar atau kebutuhan tapi harus menciptakan pasar terlebih dahulu.  Pemikiran konvensional itu, menurut Irman, terjadi tidak hanya dalam pembagunan bandara Ferdinan Sihombing Tapteng tapi terjadi saat menetapkan pembangungan Bandara Minangkabau, Sumbar.

“Saya mengkritik kebijakan angkasa pura yang takut-takut dalam pengembagan bandara di wilayah perintis,” ujar Irman Gusman melalui siaran pers Humas Setjen DPD RI.

Bupati Kabupaten Tapanuli Tengah Sukran, Jamilan Tanjung mengatakan Kabupaten Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah punya potensi yang besar seperti berada di pesisir laut dan sebagai pintu masuk 13 kabupaten dan juga kota wilayah Tapanuli Tengah sebagai  keluar masuk ke pulau Jawa tanpa melalui Propinsi Sumut.

“Kami daerah potensial,  seharusnya dipriotaskan. Misalnya bandara dr Ferdinan Sihombing ini sudah siap pesawat dari Batam dan Nias. Bahkan Garuda sudah bisa masuk dari Jakarta.

“Di sini ada visi bisnis. Tolong dibantu pengembagannya. Setahun ada 3000 jamaah haji  yang lewat bandara ini. Ke depan kita mau langsung ke Jedah (Arab saudi).” katanya.

SIBOLGA – Tidak hanya janji politis, DPD RI terus memperjungkan gagasan percepatan pembangunan di daerah seperti digagas Presiden Jokowi sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News